Kesalahan yang Terjadi saat Diet Tidak Berhasil | BREAKTIME
Diet Tak Kunjung Membuahkan Hasil: What’s Wrong?
14.02.2015

Mungkin B’timers bingung, kenapa diet yang sudah lama dijalani tak menunjukkan hasil maksimal? Padahal porsi makan sudah dikurangi dan banyak mengonsumsi sayur serta buah. Adakah hal yang salah? Yup, tentu ada yang kurang tepat dalam program diet yang sedang Anda lakukan saat ini.

Untuk membantu menemukan celah dalam  Anda, berikut ini Breaktime rangkum kesalahan-kesalahan dalam diet yang jarang disadari:

Banyak konsumsi makanan asin

Saat diet, biasanya Anda disarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung gula serta lemak tinggi. Namun, banyak yang lupa dan terlena dengan makanan asin. Diam-diam, snack lezat seperti keripik dan popcorn yang tampak aman untuk diet, justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Tak hanya itu, makanan asin juga berisiko memicu hipertensi alias tekanan darah tinggi.

Stres akibat berat badan tidak juga turun

Saat keinginan kuat untuk menurunkan berat badan begitu besar, usaha keras pun dijalani dengan maksimal. Namun tanpa disadari, hal ini memicu stres yang memperlambat metabolisme tubuh. Kondisi ini pun merangsang Anda untuk banyak makan sehingga meningkatkan penumpukan lemak di perut.

Meski B’timers ingin mendapatkan hasil maksimal, tak ada salahnya untuk tetap rileks dalam menjalani program ini. Lakukan relaksasi ringan seperti mendengarkan musik, menonton film lucu, melakukan yoga, atau jalan-jalan di tempat terbuka untuk mereduksi stres minimal 15 menit setiap hari.

Terlalu sering begadang

Pekerjaan yang menumpuk dan harus diselesaikan sesegera mungkin membuat Anda harus mengorbankan waktu tidur. Hal ini bisa meningkatkan hormon lapar sehingga memaksa Anda untuk berjalan ke kulkas dan mencari camilan.

Kurang aktivitas berkeringat

Tak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga karena kesibukan bekerja, bukan menjadi alasan yang tepat untuk tidak melakukan aktivitas berkeringat. Pembakaran kalori menjadi hal yang penting untuk menyukseskan program menurunkan berat badan ini. Kalau benar-benar tak sempat melakukan kegiatan yang bisa mengeluarkan keringat, lakukanlah gerakan ringan seperti mengayunkan kaki dan tangan saat duduk di kursi kerja selama 2 hingga 5 menit.

Suka icip sana-sini

Saat dihadapkan pada makanan lezat dengan taburan cokelat dan keju, siapa yang kuasa menolaknya? B’timers pun pasti berpikir, “Ah, kalau hanya sedikit pasti tidak apa-apa”. Persepsi semacam inilah yang bisa menggagalkan diet Anda.

Kira-kira mana kesalahan yang paling sering B’timers lakukan selama menjalankan program diet? Karena sudah tahu kebenarannya, mulai saat ini hindari hal-hal tersebut, ya!

Share This Article