Diet Sehat dalam Perspektif Agama Islam | Breaktime
Diet Sehat dalam Perspektif Agama Islam
11.05.2015

Maraknya berbagai jenis program diet telah membuat masyarakat semakin sadar bahwa menerapkan gaya hidup sehat sejak dini akan memberikan banyak manfaat jangka panjang. B’timers yang beragama Islam pun juga pastinya tak asing dengan diet lantaran gaya hidup sehat ini telah lama diperintahkan oleh Allah dan dicontohkan oleh Nabi Muhammad.

Nah, seperti apa saja anjuran diet yang diajarkan dalam Islam dan dalil-dalil yang melatar belakanginya? Berikut ini informasi yang berhasil Breaktime rangkum untuk Anda:

Mengonsumsi makanan halal

Di dunia ini ada banyak sekali ragam makanan yang susah ditolak karena kelezatannya. Kendati demikian, memilih untuk mengonsumsi makanan yang halal untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, tak akan sekedar mendatangkan kelezatan di lidah, tapi juga keberkahan yang bersemayam di hati.

Simak saja ajakan Nabi untuk mengonsumsi makanan halal sebagaimana yang ada dalam hadits dalam riwayat At Thabrani saat memerintahkan sahabat Sa’ad untuk hanya mengonsumsi makanan halal.

Menyeimbangkan makanan

Penuhi kebutuhan nutrisi lengkap dengan menu makanan seimbang
Penuhi kebutuhan nutrisi lengkap dengan menu makanan seimbang

A healthy diet is balanced with all the foods God has allowed. Oleh karena itu, jangan batasi diri B’timers untuk mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung karbohidrat, mineral, vitamin, protein, lemak, dan asam amino untuk menjaga stamina tubuh tetap fit. 

Hal ini sesuai dengan apa yang diperintahkan Allah dalam surat Al An’am ayat 141 yang memerintahkan B’timers untuk mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh.

Makan secukupnya

Meski halal dan lezat, bukan berarti B’timers bisa “kalap” untuk melahap semua makanan semaunya. Hal ini sesuai dengan sebuah surat Taha di Alqur’an ayat ke-81 yang berbunyi, “Makanlah di antara rizki yang baik yang telah Kami berikan kepadamu, dan janganlah melampaui batas…”

Nah, itulah anjuran diet sehat dalam Islam yang diambil dari dalil-dalil Al Qur’an dan As Sunnah (hadits). Dengan rutin menjalankan diet sehat, bersiaplah untuk memiliki stamina tubuh yang lebih prima dan mampu lebih produktif dalam berkarya.

Share This Article