Diet Sehat Ala Vegetarian? Ini Tipsnya! | BREAKTIME
Diet Sehat Ala Vegetarian? Ini Tipsnya!
30.03.2015

Everybody wants to be healthy. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan tubuh ideal, salah satunya dengan diet. Sebenarnya, tujuan utama diet bukanlah untuk menurunkan berat badan, namun lebih mengarah kepada perbaikan pola makan agar mendapatkan asupan gizi yang seimbang. Nah, diet sendiri ada banyak jenisnya termasuk menghindari daging alias menjadi seorang vegetarian.

Diet vegetarian sendiri terbagi menjadi beberapa macam, B’timers. What are they?

Lacto-vegetarian diet  

Tidak mengonsumsi daging, ikan, unggas dan telur, serta makanan apapun yang mengandung bahan tersebut. Namun, Anda bisa mengonsumsi produk olahan susu seperti keju, yogurt dan butter.

Lacto-ovo vegetarian diet

Tidak menyantap daging, ikan dan unggas, tetapi boleh mengkonsumsi produk olahan susu dan juga telur.

Ovo-vegetarian diet 

Tidak mengonsumsi daging, unggas, seafood dan produk olahan susu, tetapi boleh mengkonsumsi telur.

Vegan diet

Tidak memakan daging, unggas, ikan, telur dan produk olahan susu, serta seluruh kudapan yang mengandung bahan tersebut.

Bagi B’timers tidak sedang atau belum pernah melakukan diet vegetarian tetapi penasaran ingin mencobanya, these tips will help you out:

Work up

Diet Sehat Ala Vegetarian? Ini Tipsnya!

Berhenti mengonsumsi daging sama sekali tentulah bukan hal mudah terutama bagi Anda yang tak doyan sayur. Maka dari itu, saat mengawali menjadi vegetarian, tidak perlu menyetop konsumsi daging sama sekali. Namun, awali makan dengan menyantap buah dan sayur serta olahan lain yang bebas daging. 

Jika memulai makan dengan lebih banyak menyantap sajian non-daging, dengan sendirinya Anda akan merasa kenyang dan tidak tergoda untuk menambah lauk yang terbuat dari daging. Awalnya akan terasa sulit, namun lama-kelamaan Anda pasti terbiasa.

Ganti menu harian

Diet Sehat Ala Vegetarian? Ini Tipsnya!

Cobalah pilih satu resep favorit Anda dan gantilah bahan di dalamnya dengan sayuran. Contohnya jika resep tersebut membutuhkan daging sapi, bisa diganti dengan kacang hitam atau kacang merah. Semakin sering Anda mencoba menggantikan daging dengan sayur, akan semakin mudah pula mendapatkan manfaat dan asupan nutrisi ala diet vegetarian. 

Selain itu, cara ini juga efektif membuat Anda yang benci sayur jadi lebih mencintai sayur. Sebab, rasa sayur akan teredam dengan bumbu serta bahan lain dalam olahan makanan yang sudah biasa Anda masak sebelumnya.

Belajar menu vegetarian

Diet Sehat Ala Vegetarian? Ini Tipsnya!

Jika tidak ingin repot membeli buku khusus yang membahas tentang menu makanan untuk vegetarian, Anda tinggal browsing resep yang lezat sekaligus menyehatkan ala vegetarian di internet. 

Ada berbagai menu mulai masakan rumah sampai masakan ala chef yang bisa Anda coba. Semakin banyak variasi makanan dalam diet vegetarian Anda, maka kebutuhan nutrisi akan semakin mudah terpenuhi.

Ternyata diet vegetarian tidak sesulit yang dibayangkan ya, B’timers? Mulailah dengan mengubah kebiasaan Anda. Selamat mencoba! 

Share This Article