Diet Monoton: Bisakah Langsing Hanya dengan Konsumsi 1 Jenis Makanan? | Breaktime
Diet Monoton: Bisakah Langsing Hanya dengan Konsumsi 1 Jenis Makanan?
28.08.2015

Diet monoton merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja, contohnya saja diet pisang, diet sup kubis, atau juga diet protein. Banyak kontroversi yang timbul dari jenis diet satu ini. Sebab, hanya mengonsumsi jenis makanan tertentu dianggap bisa mengurangi asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Nah B’timers, tidak perlu berspekulasi tentang diet monoton ini. Simak saja informasi dari Breaktime:

Dampak positif diet monoton

Diet monoton dengan kubis bisa merampingkan tubuh dengan kilat
Diet monoton dengan kubis bisa merampingkan tubuh dengan kilat

Diet monoton memang bisa mewujudkan bentuk tubuh idaman dengan cepat. Hanya beberapa hari saja, berat tubuh akan turun dengan drastis. Dengan ‘memaksa’ tubuh kelaparan dan tidak boleh mengonsumsi jenis makanan lain, metabolisme tubuh akan melambat dan membuatnya mengambil cadangan makanan alias lemak yang menumpuk. Diet ini juga akan membersihkan tubuh dari berbagai bahan additive yang dibawa oleh makanan. Selain itu, diet monoton juga bisa mengurangi risiko penyakit yang muncul akibat junk food.

Baca juga: DIET MADU, AMPUH UNTUK TUMPAS LEMAK DI TUBUH

Dampak negatif diet monoton

Namun untuk penuhi gizi lebih baik makanan berbagai jenis bahan dengan kalori rendah
Namun untuk penuhi gizi lebih baik makanan berbagai jenis bahan dengan kalori rendah

Menurut Dr. Melina Jampolis, seorang spesialis diet dari San Fransisco, melakukan diet mononton bisa membuat Anda kekurangan gizi dan meningkatkan risiko terkena penyakit kronis. Tubuh memerlukan berbagai nutrisi seperti halnya lemak baik, vitamin A, B, C, magnesium dan juga selenium untuk memperlancar proses metabolism di dalam tubuh, tidak hanya satu macam saja.

Dengan kata lain, mengonsumsi makanan dalam jenis yang banyak sangat baik untuk memaksimalkan sistem kerja tubuh. Tubuh memerlukan berbagai jenis makanan bukan hanya untuk memperlancar proses di dalamnya saja, bisa juga dimanfaakan untuk menangkal berbagai penyakit yang menyerang.

Itulah dampak positif dan negatif yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan diet monoton atau diet dengan hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja. Untuk lebih amannya, jangan ragu berkonsultasi dengan ahli nutrisi sebelum melakukan diet apapun, ya! 

Share This Article