Diet Cepat : Lakukan atau Tinggalkan? | BREAKTIME
Diet Cepat : Lakukan atau Tinggalkan?
11.03.2015

Banyak diet yang dilakukan dengan mengurangi asupan kalori secara drastis untuk mempercepat proses penurunan berat badan, misalnya saja VCLD (Very Low Calorie Diet). Ya, salah satu diet instan ini memng cukup cepat menurunkan berat badan karena membuang kandungan air dari dalam tubuh. Nah, di fase ini banyak yang mengira jika berat badan turun lantaran lemak yang terbuang, padahal justru cairan tubuh yang terkuras habis.

Banyak orang menjadi frustrasi ketika diet yang dilakukan tak kunjung berhasil, apalagi jika sudah terbayang hasil yang cepat dan mudah. Beberapa diet, seperti VCLD, mungkin menawarkan penurunan berat badan dengan cepat di awal. Tetapi penurunan berat badan akan melambat seiring berjalannya waktu hingga akhirnya tak ada perubahan sama sekali.

Selain itu, ada beberapa dampak negatif yang bisa Anda alami jika melakukan diet instan seperti berikut ini:

Metabolisme tubuh menurun

Diet rendah kalori berpotensi memperlambat metabolisme, hal ini bahkan bisa mengakibatkan berat badan makin sulit turun.

Malnutrisi

Karena banyak diet instan yang menganjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan tertentu dan secara drastis menurunkan asupan kalori, B’timers kemungkinan akan mengalami malnutrisi. Hal ini tentu saja bisa berdampak pada timbulnya masalah kesehatan lainnya.

Diet yoyo

Diet instan cenderung mengacu pada yoyo dieting (diet di mana berat badan cepat turun dan cepat naik). Tentu saja tidak baik untuk kesehatan jika berat badan terus berubah-ubah.

Mudah frustrasi

Biasanya, orang yang melakukan diet instan berat badannya cepat naik kembali dan menjadi  frustrasi dengan diet hingga akhirnya menyerah. Alhasil, berat badan akan kembali naik dengan cepat bahkan bisa jadi melebihi bobo tubuh sebelum melakukan diet.

Memiliki tubuh dengan berat ideal memang sangat dianjurkan.  Namun, yang terbaik adalah melakukan penurunan berat badan secara perlahan dan berangsur-angsur. Hal ii tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga membantu Anda mempertahankan berat ideal lebih lama. Be wise, B’timers! 

Share This Article