Diet Bikin Depresi? Waspada Gejala Malnutrisi | BREAKTIME
Diet Bikin Depresi? Waspada Gejala Malnutrisi
16.03.2015

Apa iya diet bisa menyebabkan malnutrisi? Mungkin hal ini terdengar tidak masuk akal, tapi itulah kenyataannya, B’timers. Membatasi asupan makanan dengan sangat ketat bisa menyebabkan tubuh kekurangan berbagai nutrisi yang dibutuhkannya.

Dalam beberapa kasus, malnutrisi tidak bisa dikenali gejalanya karena tubuh tidak mengalami perubahan yang berarti. Gejala malnutrisi yang paling umum terjadi adalah turunnya berat badan secara mendadak dan tanpa sebab. Terkadang penurunan berat badan tersebut tidak nampak jelas dan terjadi berangsur-angsur. 

B’timers mungkin akan menyadarinya ketika pakaian, ikat pinggang, dan perhiasan yang biasa dipakai jadi kebesaran. Sayangnya, hal ini justru disambut gembira karena dianggap sebagai keberhasilan dalam melakukan diet. Namun kalau penurunan berat badan terus menerus terjadi dan diikuti dengan beberapa gejala berikut, Anda patut waspada:

  • Gusi bengkak atau berdarah adalah gejala oral yang pertama terjadi pada penderita malnutrisi. Jika malnutrisi terus berlanjut, gigi akan mulai berlubang dan rusak.
  • Tulang rapuh, osteoporosis dan melemahnya kekuatan otot menandakan kurangnya asupan kalsium atau vitamin D.
  • Malnutrisi dapat mengakibatkan depresi. Pada lansia, malnutrisi menjadi faktor penyebab demensia dan hilangnya ingatan.
  • Malnutrisi dapat berujung pada masalah di organ jantung, menurunnya fungsi organ hati, gagal ginjal, kapasitas paru-paru berkurang, masalah pada usus, sembelit, dan siklus menstruasi yang tidak normal pada wanita.

Melakukan diet demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal tentu sah-sah saja dilakukan. Namun merupakan hal yang ironis jika untuk mendapatkan penampilan memukau, B’timers justru mengorbankan harta terbesar yang dimiliki, yaitu kesehatan.

Ingat ya, untuk memiliki tubuh ideal bukan berarti Anda harus mengurangi asupan makan dengan jumlah drastis. Tetap jaga pola makan dengan baik serta konsumsilah kudapan sehat yang mengandung nutrisi komplet berupa karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Dengan begini, Anda bisa memiliki tubuh ideal dan juga sehat!

Share This Article