Diet Anti Gagal dengan Strategi Choice Architecture | Breaktime
Diet Anti Gagal dengan Strategi Choice Architecture
19.05.2015

Wah, waktunya diet lagi, nih. Rasanya kemarin berat badan sudah turun dan mencapai angka ideal, sekarang kok sudah kembali lagi, ya? Hmm, don’t be desperate, B’timers! Jika ingin menurunkan berat badan, tak hanya disiplin dan komitmen yang dibutuhkan, tetapi juga motivasi yang bisa mendorong kemauan kita untuk konsisten melakukan diet.

Nah! That’s where the biggest problem, seringkali motivasi kita ikut berhenti setelah berat badan sudah turun dan alhasil, berat badan kembali naik, deh. Jika mengatur pola makan terasa sulit dan berat, Breaktime beri tips terobosan yang dijamin bakal bikin diet Anda sukses! Yes, meet Choice Architecture, sebuah teknik mempengaruhi pikiran sehingga keputusan yang diambil berdasarkan visualisasi atau penampakan dari pilihan-pilihan tersebut.

Interesting? Sekarang pasti B’timers berpikir bagaimana teknik ini bisa bekerja untuk diet. Caranya adalah dengan menerapkan Choice Architecture untuk menata letak makanan di rumah Anda. How? Berikut triknya:

Mempersiapkan makanan sehat

Makanan adalah bintang utama dalam diet show Anda. Jadi, meski motivasi diet masih sering turun naik, tetap biasakan membeli makanan yang sehat untuk disimpan di rumah. Seperti sayuran, buah, yogurt, dan camilan sehat. Anda bebas membeli makanan lain yang juga tinggi karbohidrat atau lemak, namun tetap dalam batas wajar saja.

Makanan sehat jadi syarat mutlak untuk diet
Makanan sehat jadi syarat mutlak untuk diet

Menaruh di tempat yang mudah dijangkau

Anda bisa meletakkan makanan khusus untuk diet di tempat-tempat terbuka yang juga mudah dijangkau. Jadi misalnya, minuman sehat seperti jus atau air putih, atau juga buah-buahan, bisa diletakkan di meja makan, ruang TV, kamar serta pantri. Ini akan memudahkan Anda mengambil makanan, jadi tak perlu repot saat Anda sedang lelah.

Menaruh di tempat yang sulit dijangkau

Sebaliknya, taruh makanan-makanan yang berpotensi bikin berat badan naik di tempat yang sulit dijangkau. Simpan di kulkas atau lemari penyimpanan makanan, yang jelas tidak terlihat oleh mata. Dengan begitu, akan semakin membuat Anda enggan mengambilnya, bahkan saat sedang lelah sekalipun. Sebab, tempatnya tersembunyi dan tak mudah untuk langsung dijangkau.

Wah, jika sudah bermain tata letak seperti ini, rasanya tak ada lagi alasan tidak tahan dengan godaan diet ya, B’timers? Good luck!

Share This Article