Mencegah Kanker dan Perpanjang Umur dengan Puasa | Breaktime
Dahsyatnya Puasa Dapat Cegah Kanker dan Perpanjang Umur!
14.07.2015
“Periodic fasting can help clear up the mind and strengthen the body and the spirit.” – Ezra Taft Benson

Di bulan Ramadan ini, rasanya makin mantap kalau kita membahas manfaat rahasia dari puasa, ya. Apakah B’timers juga tengah berpuasa? Nah, ternyata bukan sekedar tidak makan dan minum, namun ada manfaat kesehatan di balik puasa yang bisa membuat kita panjang umur! Selain itu, puasa juga bisa membantu mencegah dan memerangi kanker. Biar tidak penasaran, Breaktime jelaskan manfaat puasa yang bisa bikin panjang umur. Simak, yuk.

Puasa membantu mencegah penyakit otak

Sebuah penelitian di National Institute on Aging di Baltimore menemukan bukti bahwa berpuasa selama satu atau dua hari seminggu dapat membantu mencegah efek dari penyakit Alzheimer dan Parkinson. Selain itu, mengurangi asupan kalori harian sebanyak 500 kalori selama satu atau dua hari seminggu juga memberikan efek positif pada otak.

Puasa mengurangi resiko penyakit jantung dan diabetes

Berpuasa selama satu hari dalam satu minggu dapat membantu memperlambat laju hormon pertumbuhan manusia. Ini bisa mempercepat metabolisme dan membakar lemak, yang berujung pada penurunan resiko penyakit jantung dan diabetes. Bahkan, banyak dokter yang mulai menyarankan puasa untuk pengobatan.

Puasa bantu memberantas sel kanker dan mengurangi resiko penyakit serius
Puasa bantu memberantas sel kanker dan mengurangi resiko penyakit serius

Puasa efektif memerangi kanker pada sel-sel tubuh

Sebuah studi dalam scientific journal of aging menemukan bahwa pasien kanker yang juga berpuasa dalam masa pengobatan mereka merasakan lebih sedikit efek dari kemoterapi. Puasa dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker dan membatasi penyebaran tumor. Dengan berpuasa, sel kanker mencoba membuat protein baru dan tetap berusaha tumbuh. Namun, molekul radikal bebas justru terbentuk dan itulah yang mampu merusak DNA sel kanker!

Wah, ternyata manfaat puasa memang luar biasa, ya? Puasa bisa menjadi langkah sederhana yang sangat alami untuk memerangi berbagai macam penyakit bahkan yang serius sekalipun. So, why don’t you kickstart your fasting habit, B’timers?

Share This Article