Coba Maksimalkan Pertumbuhan Otot B’timers! | Breaktime
Coba Sekarang, Maksimalkan Pertumbuhan Otot B’timers!
07.11.2015

Sudah lama mengikuti kelas gym tapi otot tetap segitu-segitu saja tidak ada perubahan? Mungkin masalahnya bukan pada kerutinan Anda mengikuti kelas gym, melainkan gerakan-gerakan yang dilakukan. Percuma saja ya B’timers, rutin melakukan yoga namun tidak memaksimalkan latihan atau gerakan untuk membuat otot jadi terbentuk. Nah, ini dia 5 latihan yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan pembentukan otot;

Coba Maksimalkan Pertumbuhan Otot B’timers! | Breaktime
Contoh gerakan leg extension yang bisa merangsang pertumbuhan otot tubuh

Pre-Exhaustion Superset

Salah satu gerakan pre-exhaustion superset yang bisa Anda lakukana dalah leg extension dilanjutkan dengan squat. Lakukan latihan isolation terlebih dahulu kemudian baru latihan compound. Ketika melakukan gerakan ini usahakan untuk menggunakan beban yang lebih enteng terlebih dahuu secara benar kemudian baru yang berat agar otot tidak merasa ‘kaget’.

Post-Exhaustion Superset

Berbeda dari gerakan sebelumnya, post-exhaustion superset ini lebih menekankan pada perusakan serabut otot dari berbagai kelompok tertentu. Tujuan dari melakukan latihan ini adalah untuk merangsang pertumbuhan otot. Contoh latihan ini adalah melakukan squat terlebih dahulu baru leg extension.

Compound Superset

Gerakan ini kebanyakan dilakukan oleh mereka yang sudah ahli. Dikarenakan compound set ini lebih menekankan pada penggunaanbeban berat seperti halnya latihan bench press kemudian baru incline bench press. Penggunaaan beban berat ini dimaksudkan untuk menyebabkan stress pada sistem saraf pusat yang akan bisa mendukung pertumbuhan otot.

Isolation Superset

Dalam isolation superset Anda bisa melakukan jenis latihan seperti halnya barbell curl kemudian hammer curl. Jenis latihan ini akan menghancurkan dan merusak otot yang berkelompok dengan memberikan tekanan ganda. Dengan cara ini pertumbuhan otot bisa semakin terlihat perbedaanya.

Staggered Superset

Yang termasuk ke dalam staggered superset seperti halnya melakukan bench press lalu calf raise. Ini berguna untuk membuat otot dari berbagai kelompok teteap bekerja semestinya dan menyokong pertumbuhan otot dan pertumbuhannya.

Itulah 5 latihan udah yang bisa B’timers lakukan untuk merangsang dan memaksimalkan pertumbuhan otot. Tertarik untuk mencobanya? (YA)

Share This Article