Cerahnya Buah dan Sayuran Berwarna yang Mencerdaskan Otak | Breaktime
Cerahnya Buah dan Sayuran Berwarna yang Mencerdaskan Otak
25.05.2015

Tak bisa dipungkiri, sebagian dari kita lebih menyukai makanan yang berupa daging. Selain karena lebih mudah dicerna, daging memiliki rasa yang sedap dan gurih, terasa penuh dan nikmat saat dimakan. Tetapi B’timers, bagaimanapun juga sayuran dan buah tetap nomor satu dalam peranannya menyehatkan tubuh secara alami. Bahkan, sayuran juga berfungsi mencerdaskan otak, lho.

Kita tahu bahwa buah dan sayuran memiliki warna-warni yang bervariasi. Mulai dari merah, kuning, hijau, sampai ungu. Seperti indahnya pelangi, makanan colorful ini juga sangat bersahabat dengan tubuh. Sebab, makanan yang berwarna ini sangat kaya kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang diperlukan tubuh dan tak bisa digantikan dengan suplemen.

Nah, rupanya setiap warna juga memiliki peranannya masing-masing, B’timers. Beda warna beda pula manfaat kesehatannya. Dan, untuk mencerdaskan otak secara optimal, buah dan sayuran berwarna kuning dan biru atau ungu adalah juaranya. Apa sajakah itu? Simak, yuk!

Buah dan sayuran berwarna kuning

Cerahnya Buah dan Sayuran Berwarna yang Mencerdaskan Otak

Jenis buah dan sayuran seperti jagung, paprika kuning, nanas, belimbing, dan makanan alami berwarna kuning lainnya mengandung nutrisi yang dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak. Selain itu juga membantu memperlancar perncernaan, kaya kandungan alfa- dan beta-karoten yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko kanker dan menyehatkan mata serta kulit.

Selain nanas, paprika kuning dan belimbing serta jagung, Anda juga bisa mengonsumsi buah dan sayuran lain seperti apel kuning, buah ara kuning, jeruk, lemon, buah pir kuning, semangka kuning, bit kuning, tomat kuning dan labu kuning.

Buah dan sayuran biru atau ungu

Cerahnya Buah dan Sayuran Berwarna yang Mencerdaskan Otak

Warna mencolok ini berasal dari pigmen tanaman atau anthocyanin yang juga menjadi simbol kayanya antioksidan dan segala zat anti-aging di dalam tubuh. Makanan alami berwarna biru atau ungu dapat membantu fungsi otak yakni menambah daya ingat. Selain itu, juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi dan mikrosirkulasi.

Asupan berwarna biru yang paling favorit antara lain adalah aneka buah berry, terutama blueberry yang dapat menjadi booster untuk kinerja otak. Selain itu, selamat bagi Anda penyuka eggplant alias terung, sayuran ini juga baik untuk otak.

Nah, tunggu apalagi untuk konsumsi sayuran dan buah berwarna? Cerdaskan otak B’timers dengan colorful foods!

Share This Article