Cegah Kram Saat Olahraga dengan 5 Makanan Ini | Breaktime
Cegah Kram Saat Olahraga dengan 5 Makanan Ini
23.03.2016

Kram yang terjadi saat olahraga tentu dapat menganggu aktivitas Anda. Meski dapat mereda dalam waktu beberapa menit dengan peragangan dan pemijatan, namun kram akan menyebabkan rasa sakit tak tertahankan yang membuat Anda harus menghentikan seluruh aktivitas latihan.

Kram dapat terjadi karena B’timers terlalu memaksakan diri untuk berolahraga dan menyebabkan kelelahan pada otot. Selain itu faktor genetik, asupan nutrisi yang tidak tepat, serta kurangnya peregangan juga dapat menyebabkan masalah yang satu ini. Untuk itu, lakukan pencegahan dengan nutrisi dari makanan-makanan berikut.

Makanan kaya kalium

Kalium merupakan salah satu nutrisi yang bekerja sama dengan natrium untuk membantu mengatur sinyal-sinyal listrik ke otot. Mineral penting yang satu ini, bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah pisang, ubi jalar, yogurt, kacang putih, dan brokoli.

Cegah Kram Saat Olahraga dengan 5 Makanan Ini | Breaktime
Smoothie yogurt bisa menjadi pilihan sebelum olahraga

Makanan dengan kandungan natrium

Makanan asin umumnya memiliki kandungan natrium yang tinggi. Sedangkan tubuh akan kehilangan banyak natrium melalui keringat ketika berolahraga dalam waktu yang lama. Untuk itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan natrium tubuh sebelum mulai berolahraga. Minuman energi atau pretzel bisa menjadi salah satu pilihan yang baik.

Makanan kaya kalsium

Tak hanya kalium dan natrium, tubuh juga membutuhkan kalsium yang cukup sebagai bahan bakar latihan. Rendahnya kadar kalsium dalam tubuh bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kram selama berolahraga. Oleh karenanya, penuhi kebutuhan tubuh akan kalsium dengan mengonsumsi yogurt, sarden, lobak hijau, sayuran hijau, keju, dan susu.

Cegah Kram Saat Olahraga dengan 5 Makanan Ini | Breaktime
Beragam pilihan kaya kalsium

Makanan berkarbohidrat

Memenuhi kebutuhan karbohidrat dapat menghindarkan Anda dari penipisan glikogen selama berolahraga. Penipisan glikogen sendiri dapat menyebabkan otot menjadi lelah sehingga kemungkinan kram lebih tinggi, terlebih jika Anda berolahraga lebih dari satu jam. Nasi, ubi, roti, ataupun kentang bisa menjadi pilihan Anda untuk memenuhi asupan karbohidrat sebelum berolahraga.

Acar

Acar ataupun jusa acar banyak digunakan untuk mencegah dan meringankan gejala otot oleh para atlet saat latihan. Anda juga bisa mencoba metode ini di rumah, B’timers.

Nah, kelima makanan ini, bisa Anda jadikan makanan untuk mencegah kram otot saat olahraga. Namun, pastikan Anda tak memaksakan diri untuk berolahraga, ketika otot telah lelah. (dfr)

Share This Article