Cardio vs Latihan Beban, Mana yang Lebih Baik ? | Breaktime
Cardio vs Latihan Beban: Mana yang Lebih Bakar Lemak?
18.12.2015

Hidup sehat dan bugar adalah harapan bagi Anda, bukan? Maka dari itu, banyak orang yang akan mendatangi gym atau pusat kebugaran. Namun sebelum mulai berolahraga, B’timers pasti bertanya-tanya latihan seperti apa yang cocok dan pas untuk kebutuhan Anda. Breaktime akan memberikan penjelasan singkat mengenai perbedaan kedua latihan tersebut. Go go go!

Cardio

Cardio vs Latihan Beban, Mana yang Lebih Baik ? | Breaktime
Senam sehat dan menyenangkan

Ada banyak jenis latihan cardio, salah satunya adalah aerobik. Olahraga ini sendiri memiliki intensitas gerakan, mulai dari insensitas rendah seperti berjalan, hingga tinggi seperti berlari dan melompat. Untuk Anda yang memiliki waktu sempit untuk berolahraga namun ingin segera mendapatkan hasil yang terlihat, aerobik jawabannya. Cardio membakar lebih banyak kalori dalam satu jam daripada latihan beban, sehingga penurunan berat badan akan dapat terlihat setelah beberapa kali latihan.

Latihan Beban

Cardio vs Latihan Beban, Mana yang Lebih Baik ? | Breaktime
Angkat barbel ringan juga termasuk latihan lhoo!

Alat-alat yang ada dalam gym, seperti barbell, push bar, dan leg press, kebanyakan adalah berfungsi untuk melatih kekuatan otot. Latihan beban mungkin insensitasnya tidak seberagam cardio, namun memiliki banyak kelebihan bagi tubuh. Semakin tubuh Anda terbiasa dilatih maka otot akan semakin bertambah, metabolisme yang B’timers miliki juga akan menjadi lebih tinggi.

Kunci menurunkan berat badan adalah meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lemak akan terbakar lebih cepat. Selain itu, jika Anda memutuskan untuk mengurangi asupan kalori namun tidak disertai dengan latihan beban maka yang hilang bukanlah lemak tapi masa otot Anda. Hingga 30% massa otot bisa berkurang, akibatnya justru Anda menjadi lemas dan tidak semangat melakukan aktivitas.

Kedua latihan tersebut akan sangat bermanfaat jika dilakukan secara seimbang. Tips untuk menurunkan berat badan adalah dengan memperbaiki pola makan dan gaya hidup. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur serta asupan air yang cukup. Selain itu, olahraga rutin minimal 3 kali dalam seminggu dengan perpaduan kardio dan latian beban. Ayo hidup sehat dari sekarang! (ft)

Share This Article