Tingkatkan Metabolisme Biar Tak Gampang Gemuk | Breaktime
Cara Tingkatkan Metabolisme Biar Tak Gampang Gemuk
10.04.2016

B’timers sudah tahu kan, bahwa yang terpenting untuk menurunkan berat badan adalah metabolisme? Sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia entah bagaimana metabolisme kita jadi melambat. Akibatnya, makanan yang masuk ke tubuh tidak terserap dengan baik dan menjadikan kegemukan. Namun jangan khawatir! Dari berbagai disiplin ilmu, berikut adalah cara tingkatkan metabolisme sehingga Anda dapat membakar banyak lemak seperti yang diinginkan!

Tidur

Di manapun Anda mencari tips kesehatan, penulis akan selalu menyertakan “tidur” di dalamnya. Bukannya mainstream, namun tidur malam memang baik dalam meningkatkan metabolisme. Alasannya, tidur adalah persiapan tubuh untuk aktivitas esok hari. Ingat juga, tubuh Anda masih melakukan proses pembakaran saat Anda tidur. Jadi, beri kesempatan tubuh Anda untuk me-reset dengan tidur 7 hingga 8 jam di malah hari.

Minum

Cara tingkatkan metabolisme yang ampuh ini memang simple. Ya, air putih harus terus masuk ke daftar minuman sepanjang hari. Lebih baik lagi jika menggunakan air hangat. Perlu di catat, dehidrasi mempengaruhi efisiensi tubuh Anda. Jadi, minumlah banyak air putih agar metabolisme tubuh meningkat.

Tingkatkan Metabolisme Biar Tak Gampang Gemuk | Breaktime
Air membuang racun dari dalam tubuh

Rangsang dengan kopi

Adakah yang lebih buruk dari ketika Anda diharuskan berhenti minum kopi? I think no. Secangkir kopi hitam di pagi hari bahkan bisa meningkatkan pembakara kalori, meningkatkan energi dan membantu fokus. Begitu setidaknya menurut para peneliti. Namun jangan berlebihan, ya. Secukupnya saja.

Jangan duduk terlalu lama

Kebanyakan pekerja kantoran tidak memiliki banyak waktu untuk berjalan meski hanya di sekitar ruangan. Namun jangan jadikan itu sebagai alasan. Ketahuiah bahwa duduk terlalu lama akan menghambat efisiensi tubuh. Ambillah kesempatan ke kamar mandi, mengambil berkar atau mengambil air minum agar setidaknya tubuh bergerak saat bekerja.

Konsumsi lebih banyak ikan

Seafood seperti Salmon, halibut dan tuna mengandung asam lemak Omega-3 yang sangat tinggi. Bukannya membuat gemuk, kandungan asam lemak ini justru akan membantu memperlancar proses metabolism tubuh. Asam Omega-3 juga berfungsi mengurangi depresi dan peradangan arthritis, lho!

Tingkatkan Metabolisme Biar Tak Gampang Gemuk | Breaktime
Salmon kaya Omega-3

Olahraga kecil

Tak masalah jika Anda tak memiliki banyak waktu, B’timers. Cukup manfaatkan waktu luang setelah bangun tidur atau hendak beranjak tidur. Lakukan peregangan dan gerakan ringan seperti sit-up dan wall push-up. Percayalah, olahraga akan membuat sistem metabolisme Anda lebih aktif.

Tertawa

Dokter menemukan bahwa tubuh Anda merespon tawa memiliki cara yang mirip dengan olahraga. Dengan tertawa, darah mengalir lebih banyak dalam sistem tubuh, tekanan darah naik, dan denyut nadi Anda meningkat. Jadi menurut mereka, tawa juga memiliki kemampuan merangsang metabolisme Anda.
Well, semoga berhasil dengan 7 cara tingkatkan metabolisme tadi ya, B’timers! (nap)

Share This Article