Cara Praktis Membentuk Otot Dada | Breaktime
Cara Praktis Membentuk Otot Dada
19.02.2016

Memiliki bentuk tubuh bagus dan berat badan yang ideal adalah impian banyak pria di dunia. Selain menunjang penampilan, mendapatkan bentuk tubuh yang bagus juga menyehatkan. Kok bisa? Ya, untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh tersebut seseorang harus melakukan olahraga secara teratur.

Diantara sekian banyaknya latihan pembentukan tubuh, latihan membentuk otot dada adalah salah satu yang paling diminati oleh banyak pria. Alasannya adalah karena bentuk dada yang bidang membuat pria lebih terlihat gagah dibandingkan membesarkan otot lengan. Bagi B'timers yang ingin mencoba latihan pembentukan otot dada, inilah caranya :

1. Chair Dips

Cara Praktis Membentuk Otot Dada | Breaktime
Langkah awal untuk menguatkan otot dada adalah latihan ini

Untuk melakukan latihan ini caranya cukup mudah, B'timers. Sediakan satu kursi yang cukup kuat lalu sandarkan ke dinding. Setelah itu posisikan tubuh Anda seperti duduk di ujung tempat duduk lalu turunkan tubuh Anda tapi jangan sampai menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan repitisi 10-12.

2. Pull up

Cara Praktis Membentuk Otot Dada | Breaktime
Pada awalnya mungkin sulit, tapi lakukan secara bertahap agar terbiasa

Latihan yang satu ini, memerlukan tiang khusus. Biasanya Anda bisa menemukan tiang ini di tempat kebugaran atau lapangan serba guna. Untuk memulai latihan pull up letakkan tangan di tiang sejajar dengan bahu lalu angkat tubuh Anda sampai leher sejajar tiang. Lakukan ini sebanyak 3 set dengan repitisi 8-10 setiap setnya.

3. Plyometric Push Up

Cara Praktis Membentuk Otot Dada | Breaktime
Mirip dengan push up hanya saja lebih berat pada gerakan akhir

Cara membentuk otot dada selanjutnya adalah push up plyometric. Push up yang satu ini sedikit berbeda dengan push pada umumnya karena peletakkan tangan sedikit lebih lebar. Mungkin sedikit lebih berat karena di sini otot dada benar-benar ditekankan.

4. Rotation push up

Cara Praktis Membentuk Otot Dada | Breaktime
Hampir mirip dengan push up hanya saja gerakan akhirnya berbeda

Latihan pembentukan dada yang satu ini mirip dengan push up hanya saja berbeda di bagian akhir. Untuk melakukannya mulailah dengan posisi push up lalu buka tangan kanan sampai badan miring ke kanan. Lakukan ini secara bergantian dari tangan kanan ke tangan kiri sebanyak 3 set yang masing-masing diantaranya terdiri dari 10-12 gerakan.

Cara membentuk otot dada tersebut cukup mudah bukan? Lakukan secara bertahap dengan jeda istirahat yang cukup di setiap setnya agar otot tidak sakit. Selamat mencoba B'timers! (wsu)

Share This Article