Cara Ubah Pola Makan Agar Tubuh Fit dan Segar | Breaktime
Cara Mudah Ubah Pola Makan Agar Tubuh Fit dan Segar
11.03.2016

Setiap hari B’timers disibukkan dengan beragam kegiatan sehingga kurang memperhatikan pola makan sehari-hari. Padahal tanpa Anda sadari, makanan olahan yang dikonsumsi sekenanya justru membahayakan tubuh dan berisiko menimbulkan penyakit di kemudian hari. Saatnya B’timers berubah lebih baik dengan sedikit mengubah pola makan Anda.

Cara Ubah Pola Makan Agar Tubuh Fit dan Segar | Breaktime
Mengubah pola makan bukan hal yang mustahil asalkan penuh komitmen

Kurangi asupan gula

Gula tidak mudah dipisahkan dalam kehidupan B’timers, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mengurangi konsumsinya. Mulailah dengan tidak menambahkan gula pada kopi ataupun teh. Konsumsi gula terlalu banyak memicu risiko diabetes dan obesitas pada diri Anda.

Perbanyak ikan, batasi daging

Ikan, baik air laut maupun air tawar kaya akan omega 3 yang baik untuk diet Anda. Sedangkan untuk konsumsi daging batasi maksimal dua porsi dalam satu minggu atau sekitar 200-400 gram. Padukan daging dengan beragam jenis, mulai daging ayam, sapi, hingga kambing agar Anda tak mudah bosan.

Cara Ubah Pola Makan Agar Tubuh Fit dan Segar | Breaktime
Semuanya bernutrisi asal dimakan dengan porsi yang tepat

Batasi konsumsi telur dan olahan susu

Tubuh manusia sangat buruk dalam mencerna susu sapi maupun produk olahannya. Laktosa, lemak, dan gula yang dikandung dalam produk olahan susu sangat tidak baik bagi tubuh Anda. B’timers juga sebaiknya membatasi konsumsi telur menjadi 3-4 butir seminggu.

Bersahabat dengan tumbuhan

Buah dan sayur harus selalu setia menemani B’timers setiap hari. Setidaknya 50 persen piring Anda harus terisi dengan buah dan sayur, akan lebih baik lagi jika mencapai 80-90 persen  setiap harinya. Dengan begitu, organ pencernaan Anda akan selalu terjaga dan tubuh akan merasakan khasiatnya.

Cara Ubah Pola Makan Agar Tubuh Fit dan Segar | Breaktime
Buah dan sayur jadi barang wajib beli setiap kali belanja di pasar

Jadwalkan waktu minum air

Minum air saat bangun pagi hari akan membantu membersihkan organ pencernaan Anda. Selain itu, jika B’timers ingin mengonsumsi porsi makan lebih kecil, minumlah air setidaknya dua gelas 10 menit sebelum makan. Tahan untuk minum segala sesuatu hingga 20 menit setelah makan agar perut Anda memiliki kesempatan untuk mencerna makanan Anda lebih baik.

Ganti camilan dengan kacang

Kacang terbukti mampu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah hingga mencapai 20 persen jika dikonsumsi setiap hari. Pastikan Anda mendapatkan dua genggam kacang-kacangan untuk B’timers konsumsi setiap hari. Dengan begitu, tubuh yang fit dan mental yang kuat dapat Anda raih.

Cara Ubah Pola Makan Agar Tubuh Fit dan Segar | Breaktime
Kacang dan buah kering menjadi camilan sehat sekaligus lezat, lho

Secangkir kopi untuk meningkatkan metabolisme

Kopi yang mengandung kafein sangat baik bagi metabolisme tubuh B’timers di pagi hari. Minum secangkir kopi di pagi hari dan siang hari akan membantu Anda menurunkan risiko penyakit Parkinson maupun demensia di usia dini.

Makan dengan tenang dan nyaman

Meskipun B’timers sibuk bukan berarti Anda bisa seenaknya asal comot makanan dan memakannya sembari jalan. Duduklah dengan tenang dan nikmati makanan Anda dengan perlahan dan penuh rasa syukur. Usahakan berhenti sebelum kenyang agar membantu Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit dari biasanya.

Cara Ubah Pola Makan Agar Tubuh Fit dan Segar | Breaktime
Makanlah selagi duduk dengan nyaman

Mengubah pola makan memang tidak mudah. Namun, dengan niat dan ketangguhan dalam diri B’timers, Anda akan mampu mendapatkan khasiat dari pola makan yang sehat. Keep a healthy food for a healthy body and mind! (ft)

Share This Article