Cara Menurunkan Kadar Kolestrol dengan Makan Ini | Breaktime
Cara Menurunkan Kadar Kolestrol dengan Makan Ini
14.10.2017

Tahukah Anda, setiap 10% kadar kolestrol dalam tubuh Anda turun, sekitar 20-30% resiko serangan jantung juga ikut turun. Kabar baiknya, Anda bisa menurunkan kolestrol tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Bagaimana caranya?

Ya, pilihan makanan yang sehat. Kebiasaan hidup yang baik adalah cara menurunkan kadar kolestrol tanpa perlu Anda pergi ke dokter. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda jadikan kebiasaan agar kadar kolestrol Anda menjadi normal dan positifnya, bisa meningkatkan kesehatan jantung Anda, B'Timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sudah Coba Cara Diet Alami Ini Belum?

Memantapkan hati untuk mengonsumsi makanan sehat. Meskipun godaan kentang goreng, burger, pizza, keju dan makanan pantangan lainnya bagi penderita kolestrol begitu menggoda, Anda harus bisa menahan keinginan tersebut. Anda tidak perlu menjadi seorang vegetarian untuk menjalankan cara ini. Cukup mengganti makanan tidak sehat yang Anda konsumsi sehari-hari pelan-pelan dengan olahan sayur, buah, dan makanan kaya serat lainnya ke dalam menu Anda. Perlu diperhatikan, jumlah mengonsumsinya jangan berlebihan karena beberapa sayuran dan buah tertentu akan menjadi bumerang dan menimbulkan penyakit lain. 

Cara Menurunkan Kadar Kolestrol dengan Makan Ini | Breaktime
Say no to fast food!

Mengolah makanan dengan tepat. Kalau Anda berpikir makanan serat terbatas dalam pengolahannya, Anda salah besar. Ada banyak sekali berbagai resep makanan serat yang bisa Anda coba. Misalnya, sandwich. Rotinya Anda ganti dengan jenis whole-grains dan untuk isiannya bisa Anda variasikan dengan sayuran atau tambahkan daging ayam rebus yang organik  jika  mau. Selain lebih sehat, memilih dan mengolah makanan sendiri bisa menghemat pengeluaran. Tapi jika Anda tidak punya banyak waktu untuk memasak di rumah, Anda bisa memesan catering makanan diet yang saat ini tengah populer atau nongkrong di kafe-kafe yang khusus menyediakan menu-menu sehat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Olahraga Ini Jadi Cara Menurunkan Berat Badan

Hindari makanan yang mengandung lemak jahat. Cara menurunkan kadar kolestrol berikutnya yang harus Anda wajib lakukan adalah mengindari lemak jahat. Jika tidak bisa langsung berhenti, kurangi sedikit demi sedikit konsumsinya secara berkala sampai Anda tidak lagi mengonsumsinya. Beberapa lemak jahat yang sering ditemukan dalam makanan sehari-hari yang biasa dikonsumsi yaitu saturated fat, trans fat, dan dietary chlosterol. Saturated fat seringnya ditemui pada mentega, daging, minyak goreng, minyak kelapa, susu, keju, dan krim. Trans fat sendiri banyak terkandung dalam makanan-makanan kemasan. Dietary chlosterol sendiri ada pada kuning telur dan organ dalam hewan.

Cara Menurunkan Kadar Kolestrol dengan Makan Ini | Breaktime
Perbanyak makan sayuran

Makan makanan kaya protein. Makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan, misalnya kacang merah dan kacang kedelai dapat menurunkan kadar kolestrol alih-alih menaikkannya lho, B'Timers. Khusus kacang kedelai, ada beberapa pilihan pengolahan kacang kedelai yang bisa Anda konsumsi yaitu kacang kedelai mentahan yang bisa jadi tambahan dalam masakan Anda, olahan susu kedelai (yang masih belum diberi rasa lain dan pewarna tentunya) serta tahu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Mengatur Porsi Strength Training bagi Wanita

Kurangi makanan 'putih'. Orang Indonesia dan masyarakat di negara-negara lain terbiasa dengan makanan yang terbuat dari olahan 'putih' seperti nasi putih, roti tawar, muffins, bagel, croissant, tortilla, dan sereal. Sebenarnya, makanan tersebut tidak sehat untuk dikonsumsi terus-menerus karena hanya sedikit kandungan baik yang diserap tubuh. Terus, gimana caranya membedakan produk gandum olahan dengan yang whole grain? Tipsnya, ketika melihat produk sereal atau roti, periksa baik-baik informasi yang ada pada kemasannya. Jika disitu tertulis “whole”, maka bisa dipastikan produk tersebut terbuat dari whole grain 100% atau paling tidak mendekati.

Itulah gambaran pilihan makanan yang bisa mulai Anda konsumsi sebagai cara menurunkan kadar kolestrol yang alami. Jadi, masak menu sehat apa hari ini?



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE