Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga | Breaktime
Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga
27.07.2017

B’timers, siapa sih yang tidak ingin mendapatkan perut rata menawan? Banyak yang rela mengorbankan waktu berjam-jam hanya untuk datang ke pusat kebugaran. Beberapa orang lain lebih memilih untuk merogoh kocek lebih banyak demi sebuah cara mengecilkan perut tanpa olahraga. Sayangnya, tidak semua rela untuk menghabiskan uang dan waktunya untuk hal-hal demikian.

Selain itu, B’timers, tahukah Anda bahwa perut buncit rupanya tidak hanya disebabkan oleh pertambahan berat badan? Di samping faktor berat badan, perut buncit juga dapat disebabkan oleh kembung atau istilah kerennya bloated. Perut buncit akibat kembung dapat dipicu oleh konsumsi makanan atau minuman jenis tertentu, bahkan dapat muncul dengan sendirinya. Jangan khawatir, B’timers, tips sederhana berikut ini merupakan cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga.

BACAJUGA:1

Tips pertama, selalu perhatikan apa yang Anda konsumsi. Terdapat beberapa bahan makanan dengan kandungan protein dan karbohidrat kompleks yang sulit dicerna dan dapat menimbulkan sisa gas dalam perut. Jenis makanan dengan asupan karbohidrat kompleks seperti kentang, nasi, dan roti membutuhkan iklim pencernaan yang kaya alkalin agar mudah dicerna. Sebaliknya, iklim pencernaan yang asam sangatlah diperlukan untuk mencerna makanan berprotein seperti lean beef (daging bersih tanpa lemak), kalkun, ayam, dan ikan-ikanan. Kedua jenis makanan tersebut sebaiknya Anda konsumsi secara terpisah agar tidak menimbulkan sisa gas dalam perut sehingga menyebabkan perut kembung dan buncit. Meski telah menghindari jenis makanan tersebut, tahukah Anda bahwa ada jenis makanan tertentu yang dapat menimbulkan kelebihan gas dalam perut?

Beberapa jenis sayuran juga merupakan tersangka utama yang menyebabkan perut kembung. Mengkonsumsi brokoli, Brussels sprouts, kubis, kembang kol, dan selada dapat menyebabkan pembentukan gas dalam perut dan saluran pencernaan. Untuk menghindari pembentukan gas dalam perut dan mendapatkan perut ramping menawan, B’timers dapat mengkonsumsi jenis makanan yang mudah dicerna seperti pisang, jeruk, yoghurt, telur, dan nasi. Agar tidak membebani organ pencernaan, Anda juga dapat mencoba mengkonsumsi makanan berprotein bersamaan dengan makanan yang mengandung karbohidrat yang mudah dicerna seperti asparagus, zucchini, labu, maupun tomat.

BACAJUGA:2

Cara mengecilkan perut tanpa olahraga yang kedua, kurangi konsumsi garam. Pada dasarnya, asupan garam sangatlah dibutuhkan tubuh Anda untuk kesehatan jantung dan otak Anda. Akan tetapi, B’timers tentu tahu kan kalau segala sesuatu yang berlebih itu tidaklah sehat? Konsumsi makanan yang kaya akan sodium dapat menyebabkan tubuh Anda untuk cenderung menyimpan kandungan air. Istilah medisnya ialah fluid retention atau gemuk air. Cadangan air berlebih akibat konsumsi garam tersebut dapat menyebabkan tubuh Anda cenderung bengkak, terutama di bagian perut yang akan nampak buncit seperti balon berisi air. Berdasarkan hasil riset Mayo Clinic, 77% dari asupan garam dalam tubuh seseorang berasal dari makanan matang. Apabila B’timers bukan seorang sweet tooth dan lebih menggemari makanan asin, Anda dapat mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan segar seperti wortel, timun, dan cantaloupe yang mengandung sodium alami dalam kadar normal untuk memanjakan lidah Anda tanpa menimbun air secara berlebih.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga | Breaktime
Salah satu cara mengecilkan perut tanpa olahraga

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga yang ketiga, perbanyak konsumsi air putih, minimal 8 gelas sehari. Selain dengan mengurangi asupan garam pada tubuh, fenomena gemuk air juga dapat Anda hindari dengan memperbanyak asupan air putih. Selain itu, hindari konsumsi minuman selain air putih seperti kopi, teh, maupun soda. Dengan memperbanyak konsumsi air putih, Anda juga dapat menghindari konsumsi kalori, kafein, maupun sodium dari berbagai jenis minuman tersebut. Di samping itu, memperbanyak konsumsi air terbukti secara ilmiah mampu mengurangi keinginan Anda untuk mengkonsumsi makanan atau minuman manis, mengudap, hingga menjaga Anda tetap kenyang untuk waktu lama.

Tips keempat, perhatikan konsumsi susu dan soda dalam diet harian Anda. Susu dan soda rupanya merupakan salah satu penyebab utama perut buncit. Sebanyak 65% populasi manusia memiliki intoleransi terhadap laktosa. Artinya, kebiasaan popular seperti mengkonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur tidaklah sehat bagi kalangan tertentu memiliki kesulitan untuk mencerna asupan laktosa. Konsumsi minuman soda, soda reguler maupun soda diet sekalipun, juga perlu dihindari untuk mempertahankan perut ramping karena tingginya kandungan pemanis buatan dan karbonasi.

Tips kelima, hentikan kebiasaan merokok. Selain sebagai penyebab utama kanker, tahukah B’timers bahwa merokok juga dapat menciptakan kegemukan? Para perokok juga memiliki kecenderungan tinggi untuk menimbun lemak di tubuh bagian pinggang dan perut.

BACAJUGA:3

Tips keenam, perhatikan postur tubuh Anda sehari-hari. Mempertahankan posisi tegak saat duduk dan berdiri dapat menyebabkan Anda terlihat lebih tinggi dan lebih ramping. Di samping sebagai trik lawas dalam berpose di depan kamera, dengan menarik kulit dan otot diafragma Anda ke arah perut, postur tubuh tegak juga bermanfaat secara kesehatan. Sebaliknya, duduk atau berdiri membungkuk akan cenderung menyebabkan perut Anda membuncit secara perlahan dan permanen.

Tips ketujuh, kurangi penggunaan gawai elektronik. Telepon genggam, tablet, maupun televisi secara mengejutkan dapat menjadi musuh utama bagi perut ramping idaman B’timers. Dengan menggunakan gawai secara berlebihan, Anda akan cenderung menghasbiskan lebih banyak waktu untuk diam tak bergerak. Gaya hidup sedentary sedemikian rupa akan mengurangi peluang tubuh Anda tetap fit dan membakar kalori secara normal. Selain itu, cahaya biru dari layar gawai dapat mengganggu circadian rhythm tubuh Anda sehingga menyebabkan susah tidur. Akibatnya, tubuh Anda cenderung menimbun lemak di area perut.

Nah, B’timers, semoga berbagai tips sederhana tersebut dapat menjadi cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga Anda ya. Selain meraih perut ramping ideal, cara mengecilkan perut tanpa olahraga di atas dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan tubuh, mempermudah sistem pencernaan, serta mempertahankan suasana gembira di hati Anda. Selamat mencoba! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE