Cara Langsing ala Korea: Diet Kimchi! | Breaktime
Cara Langsing ala Korea: Diet Kimchi!
25.04.2015
“The best diet is the one you don't know you're .”

-Brian Wansink-

Kimchi merupakan makanan khas Korea yang kaya akan probiotik alami sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan. Sayuran yang difermentasikan ini mengandung bakteri asam laktat seperti halnya Leuconostoc mesenteroides dan Lactobacillus plantarum yang sangat bersahabat dengan perut.

Pada umumnya, kimchi terbuat dari sawi putih ataupun kubis yang diberi bumbu bawang putih, jahe, chilli peppers, dan juga saus ikan. Selain menciptakan rasa yang menggoyang lidah, perpaduan bumbu-bumbu tersebut juga meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh. 

Kimchi, pedas menggugah selera dan mengandung capcisin sang pelibas lemak
Kimchi, pedas menggugah selera dan mengandung capcisin sang pelibas lemak

Lalu, apa yang membuat kimchi baik dikonsumsi saat diet? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Yasser Mahmoud pada tahun 2008, kandungan capcaisin dalam cabai bisa mengubah aktivitas protein otot yang disebut dengan serca. Capcisin akan memberikan panas pada serca dan meningkatkan energi thermogenesis di dalam tubuh. 

Nah, thermogenesis ini akan meningkatkan proses metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Jadi, semakin sering Anda mengonsumsi kimchi, akan semakin banyak pula lemak yang dilibas olehnya!

Berdasarkan penelitian lain yang diterbitkan dalam the journal Clinical Nutrition, kombinasi antara green tea dan kimchi disebutkan dapat mengurangi rasa lapar sehingga mencegah Anda untuk mengonsumsi kalori dalam jumlah besar. Selain itu, kandungan capcisin di dalam cabai juga dapat menekan produksi hormon ghrelin yang meningkatkan nafsu makan. 

Bagaimana B’timers, tertarik memasukkan kimchi ke dalam menu diet Anda? 

Share This Article