Cara Efektif Hindari Makan Berlebihan Setelah Olahraga | Breaktime
Cara Efektif Hindari Makan Berlebihan Setelah Olahraga
15.06.2015

Bukankah kita berolahraga rutin untuk menjaga kesehatan? Ya B’timers, melakukan olahraga secara teratur tak hanya membuat tubuh sehat, namun sekaligus dapat membakar lemak. Tetapi, bukan berarti Anda jadi bebas makan es krim dan spaghetti sepuasnya sehabis berolahraga, seperti ajang balas dendam. Nah, biar kalori yang sudah terbuang tidak kembali datang, ikuti tips berikut.

A. Makan setiap 3-4 jam

Asupan kalori yang cukup dapat menjaga gula darah agar tetap normal selama dan setelah olahraga. Selain itu, juga dapat mencegah respon insulin yang tinggi saat berikutnya Anda makan makanan yang berlemak. Jaga makanan Anda di angka 500 kalori atau ngemil di bawah 200 kalori, untuk menghindari kalori ekstra dari konsumsi Anda. Ini membatasi total kalori hingga sekitar 1.600 hingga 1.800 per hari.

B. Dapatkan protein ekstra setiap kali makan

Protein dapat membuat Anda merasa kenyang dan mengontrol nafsu makan. Sebab, protein menstimulasi hormon usus yang bisa membuat perut merasa kenyang. Anda bisa memilih makanan seperti telur, susu, susu kedelai, yogurt dan oatmeal untuk sarapan. Makanlah kacang, biji-bijian, susu rendah lemak, ikan, daging tanpa lemak dan daging unggas untuk snack sehat yang kaya protein.

Ikan cocok dijadikan asupan sehat pasca olahraga
Ikan cocok dijadikan asupan sehat pasca olahraga

C. Banyak makan makanan berserat

Makanan kaya serat akan membuat Anda kenyang tanpa membuat angka kalori melonjak. Konsumsi sekitar 25-30 gram serat per hari. Usahakan mengonsumsi 5 gram serat setiap kali Anda makan dan ngemil. Anda bisa mengonsumsi setengah cup kacang hitam atau satu cup bayam kukus dengan setengah cup stik wortel mentah. Untuk camilan, cobalah satu buah apel dan segenggam kacang.

D. Puaskan dahaga dengan minum air putih

Berolahraga tentu membuat Anda haus, namun banyak orang sering keliru mengartikan rasa haus ini sebagai rasa lapar. Jika Anda merasa kehausan, terutama setelah olahraga, cobalah minum air putih yang bebas kalori. Minuman manis bisa dengan cepat menggantikan kalori yang terbuang saat Anda berolahraga.

Karena hidup sehat adalah pilihan, kenapa tak sekaligus menjaga pola makan yang sehat setelah berolahraga? We are what we eat, B’timers.

Share This Article