Jangan Sepelakan Asupan Air Saat Berolahraga! | Breaktime
B’timers, Jangan Sepelakan Asupan Air Saat Berolahraga!
13.12.2015

Sebagian dari Anda mungkin menganggap enteng peringatan tubuh ketika kekurangan asupan cairan. Apalagi ketika terlanjur fokus pada olahraga yang kita lakukan, Anda mungkin akan menunda  untuk beristirahat dan segera minum. Padahal, haus merupakan tanda bahwa tubuh sudah mengalami dehidrasi. Jadi sebaiknya jangan sampai kita menunggu haus baru kemudian mengambil minum.

Bahaya dehidrasi

Tubuh kita tetap perlu minum meskipun tengah berlatih di gym. Mengapa? Karena selama kita melakukan olahraga, tubuh kehilangan sebagian cairannya, sebagian melalui keringat, sebagian lagi melalui napas.

Jika Anda mengawali pemanasan dan olahraga tanpa asupan cairan yang cukup, tubuh lebih beresiko terkena cedera. Anda juga akan merasa cepat lelah, pusing, dan otot pun tidak dapat bekerja dengan baik, yang akan menyebabkan mudah terkilir.

Jadi, usahakan jangan lupa minum sebelum melakukan pemanasan olahraga, B’timers. Karena air membantu tubuh untuk melakukan latihan fisik dengan lebih baik.

Jangan Sepelakan Asupan Air Saat Berolahraga! | Breaktime
Kalau perlu bawa botol minum untuk menemani Anda berolahraga

Waktu terbaik untuk minum

Nah, lalu kapan sebenarnya kita dianjurkan untuk minum jika akan berlahraga? Kesalahan lain yang sering Anda lakukan adalah minum sesaat sebelum berolahraga. Hal tersebut sangat tidak baik. Karena tubuh tidak dapat memproses cairan yang masuk dengan cukup cepat. Disarankan 2 atau 3 jam sebelum Anda melakukan latihan fisik, untuk mengonsumsi cairan dengan jumlah yang cukup.

Sekalipun Anda sudah menghidrasi tubuh sebelum pemanasan, selama berolahraga pun diharuskan memperhatikan kondisi tubuh untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Semakin sering Anda berkeringat, cadangan cairan di dalam tubuh akan habis dengan cepat. Jadi disarankan setiap 10 menit untuk minum sekitar 1 cangkir air.

Dan yang perlu diingat, lebih baik minum air dingin. Dengan begitu tubuh lebih cepat menyerap cairan yang masuk. Ini merupakan satu cara yang paling efektif untuk minum selama berolahraga.

Setelah selesai berlatih fisik pun tubuh tetap memerlukan cairan untuk mengembalikan kebugarannya, loh. Dan akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi air yang memiliki kandungan elektrolit.

So, B’timers, selalu jaga tubuh dari resiko dehidrasi, ya? Meskipun sedang berolahraga bukan menjadi alasan Anda untuk meninggalkan minum. Karena jika tubuh terhidrasi dengan baik, Anda ikut membantu organ dalam dari resiko fatal selama latihan fisik. Jadi jika Anda berencana untuk berolahraga akhir pekan nanti, usahakan minum sebelum, selama, dan sesudah latihan fisik, ya? (no)

Share This Article