B’timers, Ini Dia 3 Kiat Aman Berlatih Yoga di Rumah | Breaktime
B’timers, Ini Dia 3 Kiat Aman Berlatih Yoga di Rumah
04.05.2015

Banyak orang yang berkata bahwa yoga adalah jenis olahraga praktis karena Anda dapat melakukannya dengan mudah di rumah. Namun anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Bila Anda tidak memperhatikan trik-trik tertentu saat yoga, bisa jadi tubuh malah mengalami cedera.

Untuk itu, seorang pengajar sekaligus praktisi yoga ternama, Kate Kendall memberikan tips agar B’timers dapat melakukan beberapa gerakan yoga secara aman di rumah. Berikut informasi yang berhasil Breaktime rangkum:

Tegakkan punggung saat melakukan gerakan seated forward bend

Posisi seated forward bend
Posisi seated forward bend

Bila dilakukan dengan benar, gerakan yang dilakukan dengan posisi duduk di lantai dan badan membungkuk ke depan ini berfungsi untuk meregangkan tulang belakang, bahu, urat-urat tulang lutut, serta menstimulasi pencernaan.

Untuk merasakan manfaat tersebut dan terhindar dari cedera, tarik napas dalam-dalam dan angkat kedua tangan di atas kepala dan tegakkan punggung. Setelah itu, bungkukkan pinggul ke depan secara perlahan dan pastikan posisi tulang B’timers benar-benar lurus dengan posisi tangan sejajar lutut.

Gunakan lengan sebagai tumpuan dalam posisi wheel

Posisi wheel
Posisi wheel

Ingin meregangkan otot dada, memperkuat lengan, dan mengembalikan energi tubuh yang prima? B’timers bisa melakukan gerakan wheel. Namun agar terhindar dari rasa terkilir pada pergelangan tangan, bahu, dan punggung, lakukan cara ini.

Dalam posisi telentang di lantai, buka kedua kaki Anda sampai bagian pinggul cukup terangkat dan posisi ibu jari kaki sedikit menekuk ke bawah. Ambil posisi untuk menarik napas. Gunakan kedua lengan yang menempel di lantai sebagai tumpuan, angkat tubuh ke atas hingga sampai pada posisi kayang.

Posisi tengkurap yang sempurna mencegah cedera saat melakukan plank

Posisi Plank
Posisi Plank

Anda yang ingin meningkatkan kekuatan inti pada bagian lengan dan tulang belakang bisa mencoba gerakan Plank. Agar tercegah dari cedera, pertama ambil posisi tubuh tengkurap menghadap lantai. Pastikan posisi yangan berada tepat di bawah dada dan jari-jari terbuka lebar saat menyentuh lantai.

Tarik tubuh Anda ke atas hingga posisi leher, punggung, tulang ekor, dalam keadaan garis miring sejajar. Bila sudah selesai melakukannya, turunkan tubuh Anda secara perlahan dengan bertumpu pada kedua lengan.

Nah, itulah beberapa tips umum yang dapat B’timers lakukan untuk berlatih yoga secara aman di rumah. Jangan lupa pula untuk menyimak video tutorial yoga secara langsung agar olahraga menyehatkan ini semakin mudah untuk dipraktekkan.

Share This Article