Susah Berhenti Ngemil? Begini Cara Mudahnya! | Breaktime
B’timers, Ini Caranya agar Anda Berhenti Ngemil!
06.08.2015

B’timers, memang tak mudah mengubah sebuah kebiasaan yang membuat Anda merasa nyaman, misalnya saja hobi ngemil. Sebenarnya, mengonsumsi berbagai makanan ringan sah-sah saja dilakukan, asal dengan porsi yang tepat. Yang jadi masalah, kalau Anda ngemil berlebihan dan melampiaskan rasa sedih atau marah pada makanan.

Untuk menghilangkan kebiasaan ngemil, Breaktime bagikan caranya, ya!

1. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup membantu Anda menghilangkan kebiasaan ngemil
Istirahat yang cukup membantu Anda menghilangkan kebiasaan ngemil

Berdasarkan sebuah penelitian yang dimuat di American Journal Of Clinical Nutrition, ketika seseorang tidur malam kurang dari empat jam, mereka cenderung melahap 500 kalori lebih banyak dengan ngemil saat beraktivitas. Untuk menghindari hal tersebut, biasakan tidur tepat waktu dan hindari begadang.

2. Kurangi porsi camilan secara bertahap

Dalam buku Wildpower, Roy F Baumeister, PhD menyatakan bahwa semakin Anda mengekang diri untuk tidak ngemil, semakin lemah pula tekad Anda. Dan akhirnya, akan lebih banyak camilan yang Anda santap. Maka dari itu, jangan menyiksa diri dengan ‘melarang’ camilan sama sekali. Secara bertahap, kurangi porsi kudapan Anda, misal dari 1 bungkus keripik menjadi setengah bungkus saja per hari.

3. Kontrol emosi

Bermeditasi bisa membuat Anda tenang saat emosi memuncak
Bermeditasi bisa membuat Anda tenang saat emosi memuncak

Kebanyakan orang akan melampiaskan emosi mereka dengan makan berlebih. Hal ini mungkin bisa menimbulkan rasa nyaman sesaat, namun mendatangkan berbagai masalah kesehatan di kemudia hari. Maka dari itu, kontrol emosi Anda dan alihkan pada kegiatan-kegiatan yang positif.

4. Singkirkan camilan Anda

Biasa menyimpan camilan di lemari atau kulkas? Mulai saat ini, singkirkan jauh-jauh camilan favorit Anda dan lenyapkan dari pandangan mata. Minta bantuan teman atau keluarga untuk menyembunyikannya jika diperlukan.

5. Jalani pola makan seimbang

Makan tepat waktu membantu membuat Anda merasa kenyang
Makan tepat waktu membantu membuat Anda merasa kenyang

Untuk mencegah kebiasaan ngemil, penuhi kebutuhan perut Anda secara tepat waktu. Selain itu, konsumsi makanan sehat nan mengenyangkan seperti sayur serta buah agar Anda tak mudah lapar dan tergoda camilan.

Pada awalnya, mungkin Anda akan merasa menderita saat berjauhan dengan kudapan favorit. Tapi percayalah, di kemudian hari Anda akan bersyukur karena terbebas dari kebiasaan ngemil yang tidak sehat. Semangat, B’timers!

Share This Article