Bimsalabim! Lemak Hilang dengan OCD! | Breaktime
Bimsalabim! Lemak Hilang dengan OCD!
20.04.2015

Kontroversial! Itulah kata yang tepat untuk mewakili OCD alias Obsessive Corbuzier's Diet yang dicetuskan oleh mentalist kenamaan Indonesia, Dedy Corbuzier. Diet ini dianggap menyalahi ketentuan medis karena ‘melarang’ pelaku diet untuk sarapan. Tapi buktinya, banyak orang yang mengaku bisa menurunkan berat badan secara drastis melalui diet satu ini.

B’timers penasaran ingin mencobanya? Ini dia caranya!

Dedy Corbuzier, pencetus diet OCD
Dedy Corbuzier, pencetus diet OCD

Say no to makan pagi!

Dedy Corbuzier mematahkan berbagai penelitian yaang mengatakan bahwa tidak sarapan pagi justru menyebabkan kegemukkan. Menurut Dedy, sarapan pagi justru menghambat pembakaran lemak sehingga sebaiknya Anda makan minimal 3 jam setelah bangun tidur. 

Dan sebaliknya, jika program diet lain menganjurkan untuk tidak makan pada malam hari, maka lain halnya dengan OCD. Makan malam justru diperbolehkan karena tubuh akan melakukan proses pembakaran saat tidur.

Puasa dan jendela makan

Salah satu langkah yang membuat lemak tubuh berkurang dengan sangat cepat adalah dengan melakukan puasa. Aturan puasa dalam diet OCD adalah selama 16, 18, dan 20 jam yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. Dengan kata lain, Anda memiliki jendela makan (jeda waktu di mana  boleh menyantap makanan) selama 8, 6, atau 4 jam. 

Selama berpuasa, Anda tetap dianjurkan untuk mengonsumsi cairan agar tubuh tidak dehidrasi. Namun tentu saja tidak diperbolehkan untuk melahap kudapan apapun sebelum masa puasa terlewati dan memasuki jendela makan. 

Puasa selama 24 jam

Setelah melalui puasa 16, 18, dan 20 jam secara bertahap, B’timers selanjutnya bisa meneruskan puasa seharian penuh. Puasa seharian penuh atau selama 24 jam terdengar sangat mengerikan ya, namun hal ini tidak semenakutkan yang dibayangkan. Anda tetap bisa makan kok, 1 kali dalam sehari dan mengonsumsi air putih seperti biasa.

Misalnya, jika Anda makan pada hari Minggu jam 1 siang, maka waktu makan selanjutnya adalah jam 1 siang pada hari Senin. Puasa semacam ini hanya perlu dilakukan 1 atau 2 kali dalam seminggu, karena jika berlebihan dampaknya juga tak baik untuk tubuh.

B’timers, sah-sah saja mencoba berbagai jenis diet termasuk cara ala Dedy Corbuzier ini. Tapi ingat, kesehatan adalah yang utama jadi segera hentikan diet bila tubuh Anda menunjukkan tanda-tanda ‘penolakan’

Share This Article