Bikram Yoga, Panas yang Menyehatkan | Breaktime
Bikram Yoga, Panas yang Menyehatkan
11.05.2015

B’timers, pernah dengan istilah bikram yoga? Itu lho, salah satu variasi olahraga yoga yang memiliki 26 gerakan dan 2 latihan pernapasan dan dilakukan dalam ruangan yang dipanaskan pada suhu 42°C. Adalah Bikram Choudhury, yang pertama kali memperkenalkannya kepada publik Amerika Serikat pada tahun 1971 atas undangan langsung dari Asosiasi Dokter Amerika. 

Masih di bawah bimbingan gurunya, Bikram bekerja sama dengan dokter dan para peneliti di salah satu Universitas Kedokteran di Tokyo dan berhasil menciptakan jenis yoga yang fenomenal ini. Bikram sendiri adalah seorang guru yoga ternama yang memiliki ketenaran di ruang lingkup internasional.

Setelah melakukan trial and error, akhirnya Bikram berhasil menciptakan yoga yang sekarang sudah mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia ini. Sebelum populer di Indonesia, bikram yoga ini sudah terlebih dahulu naik daun di negara-negara maju seperti halnya Amerika dan Eropa. 

Bikram Choudhury, pencetus bikram yoga
Bikram Choudhury, pencetus bikram yoga

Menurut Laurent Hardie, seorang instruktur serta direktur Bikram Yoga School di daerah Kelapa Gading, bikram yoga ini baik untuk memperbaiki postur tubuh, menyembuhkan nyeri pada tulang belakang, serta memulihkan anggota tubuh yang cedera. Selain untuk memperbaikki struktur tubuh, bikram yoga juga baik untuk menurunkan berat badan, lho! Kelebihan lainnya, yoga yang satu ini  bisa dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari anak berusia 6 tahun hingga orang dewasa berusia 75 tahun.

Nah, karena bikram yoga ini dilakukan dalam ruangan yang panas, B’timers perlu mempersiapkan alas, handuk, baju yang bisa menyerap keringat dengan cepat, dan juga sebotol air putih. Yuk, coba!

Share This Article