Jangan Berolahraga Saat Cuaca Panas Pakai Jaket | Breaktime
Berolahraga Saat Cuaca Panas dan Memakai Jaket Berakibat Fatal Bagi Kesehatan
05.12.2015

Sampai sekarang masih menjadi perdebatan yang seru mengenai penggunaan atau pemakaian jaket atau full tracksuit saat berolahraga. Alasan utama kenapa mengenakan jaket saat berolahraga kerap dilakukan, adalah karena dengan cara ini dapat membakar banyak kalori akibat panas tubuh meningkat.

Akan tetapi banyak penelitian yang justru mengatakan bahwa menggunakan jaket saat berolahraga ketika cuaca panas adalah sia-sia dan tidak akan membakar kalori. Bahkan justru dapat mengakibatkan efek fatal bagi tubuh.

Jika temperatur cuaca sedang turun dan ketika Anda berolahraga di luar ruangan dengan memakai jaket atau pakaian tebal lainnya, mungkin masih masuk akal karena dapat mengurangi rasa dingin dan cedera. Hal ini juga dapat membantu melonggarkan suhu panas yang terperangkap dalam tubuh serta mampu menghangatkan otot-otot lebih cepat sehingga B’timers akan merasa lebih hangat dan nyaman dalam beraktivitas.

Jangan Berolahraga Saat Cuaca Panas Pakai Jaket | Breaktime
Berolahraga dengan menggunakan jaket ada sisi positif dan negatifnya

Akan tetapi ketika cara ini dilakukan pada saat cuaca sedang panas-panasnya, tidak akan mengubah apapun atau membakar kalori, karena yang terbakar pada saat Anda melakukannya adalah jumlah air di dalam tubuh yang pada akhirnya dapat membuat Anda lebih cepat kehausan.

Keringat yang bercucuran tersebut bukan berasal dari kalori yang terbakar, melainkan dari kadar air dalam tubuh. Semakin panas temperatur tubuh, maka semakin banyak kadar air yang keluar dalam bentuk keringat, sedangkan di sisi lain, kalori yang ada tidak berkurang sedikit pun.

Keringat merupakan cara alami tubuh dalam menjaga temperatur tetap stabil. Ketika cairan dalam bentuk keringat sangat banyak keluar dan temperatur tubuh semakin tinggi, selain dehidrasi, risiko terkena heat stroke semakin besar.

Saat tubuh kekurangan cairan, maka darah akan mengental dan alirannya ke seluruh organ atau jaringan tubuh termasuk ke jantung dan otak juga terganggu. Dengan keadaan seperti ini, heat stroke sangat mudah terjadi.

Jadi, B’timers jangan mudah percaya dengan cara-cara alternatif yang hayna berdasarkan kata orang saja sebelum benar-benar terbukti secara ilmiah atau medis, karena imbasnya sangat fatal. (das)

Share This Article