Berkeringat Bikin Bad Mood? Atasi dengan Tips Ini | Breakime
Berkeringat Bikin Bad Mood? Atasi dengan 5 Tips Ini
14.02.2016

Berolahraga adalah salah satu aktivitas tubuh yang menyenangkan. Apalagi Anda bisa melakukan olahraga yang sangat digemari. Tapi, rasa gembira itu berakhir saat tubuh terasa lengket karena keringat yang menetes saat berolahraga. Bahkan, tidak sedikit juga mereka yang langsung kehilangan mood hanya karena masalah kecil ini.

Oleh karena itulah, untuk mencegah hal itu terjadi dan mengembalikan kesegaran tubuh, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut :

1. Bawa handuk

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keringat adalah masalah utama yang menyebabkan tubuh menjadi lengket. Untuk mengatasinya bawalah handuk yang mudah menyerap air. Seka keringat yang mengalir dimulai dari dahi, leher dan kemudian bagian lengan. Tempat-tempat itulah yang paling peka dan bisa membuat Anda merasa lengket seusai berolahraga.

2. Gunakan ikat rambut

Apabila Anda memiliki model rambut panjang, sangat dianjurkan untuk menggunakan ikat rambut. Hal ini disebabkan karena keringat dari kepala akan mengalir sepanjang rambut dan tertahan di sana. Apabila rambut Anda panjang, maka keringat yang tertahan jadi lebih banyak. Dengan menggunakan ikat rambut, maka keringat pada rambut tidak sampai jatuh ke tubuh.

Berkeringat Bikin Bad Mood? Atasi dengan Tips Ini | Breakime
Handuk yang bisa menyerap air dengan mudah akan membuat Anda terbebas dari lengketnya keringat

3. Gunakan deodoran

Deodoran bisa membuat bagian ketiak Anda tetap kering dan terhindar dari keringat. Menggunakan deodoran juga bisa membuat Anda jauh lebih percaya diri. Selain itu, deodoran sekarang sudah mempunyai banyak varian harum. Jadi Anda juga akan lebih nyaman dengan kondisi kering dan harum ketika berolahraga.

4. Pendinginan

Pendinginan bisa Anda lakukan setelah berolahraga agar suhu tubuh tidak memanas terlalu lama. Seperti yang Anda tahu bahwa keringat keluar karena respon tubuh untuk mendinginkan suhu yang berlebihan dari dalam. Maka dari itu lah, lakukan pendinginan dengan cara melakukan gerakan pendinginan atau merendam sebagian tubuh dengan air.

5. Gunakan shampoo

Ya, setelah melakukan serangkaian gerakan olahraga yang membuat tubuh panas, pasti sangat menyegarkan kalau setelah itu Anda mandi dan mencuci rambut. Tapi, sebelum mandi keringkan dulu tubuh dan keringat barulah Anda mulai mencuci rambut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kesegaran tubuh pasca berolahraga. Selain kelima tips di atas, sangat dianjurkan Anda meminum air putih. Jangan ditambahkan es ke dalam air putih yang hendak Anda minum untuk menghindari peradangan. Jadikan aktivitas olahraga B’timers bermanfaat dan menyenangkan. (wsu)

Share This Article