Beras Plastik vs Asli, Ini Cara Mudah Mengenalinya! | Breaktime
Beras Plastik vs Asli, Ini Cara Mudah Mengenalinya!
22.05.2015

Tips Membedakan Beras Asli dan Beras Plastik

Setelah munculnya berbagai makanan yang dicampur dengan boraks, formalin, serta berbagai daging tak layak konsumsi, kini muncul lagi sebuah kasus yang menghebohkan dan meresahkan masyarakat Indonesia yaitu beras plastik. 

Menurut Adisam, Kepala Bagian Pengujian Laboratorium Sucofindo di Cibitung, sedikitnya adal 3 bahan kimia yang terdapat dalam beras plastik, antara lain BBP (benzyil butyl phtalate), DEHP (diethyl hexyl phthalate), dan DMP (dimethyl phthalateshalate). 

(Baca juga: 5 Ccara Diet Super Untuk Para Pemalas)

Banyak warga sulit membedakan kualitas beras plastik dan asli dikarenakan bentuknya bisa dibilang sama persis. Meskipun begitu, kandungan yang terdapat dalam keduanya sangat berbahaya. Namun tentu saja ada celah yang bisa membedakannya. Kali ini Breaktime akan memberikan cara untuk membedakannya:

Inilah beras plastik sebelum dan sesudah dimasak
Inilah beras plastik sebelum dan sesudah dimasak

Tekstur dan warna bulir beras

Menurut Dr. Verawati Sudarman, Mgzi, Sp. GK, kondisi beras plastik bisa dideteksi dari tekstur dan juga warnanya sebelum diolah. Bulir beras plastik yang belum diolah memiliki tekstur yang lembut dan juga licin, serta memiliki warna putih dan bening seutuhnya. Sedangkan beras asli memiliki tekstur yang lebih kasar, berwarna putih namun tidak bening seutuhnya. 

Rasa dan aroma beras

Selain dari tekstur dan warna, Anda juga bisa melihat perbedaanya dari rasa dan aroma. Rasa yang dikeluarkan oleh beras plastik sangat bebeda dari asli. Rasa beras asli adalah manis ketika dilakukan pengunyahan karena mengandung gula alami. Sedangkan beras palsu yang terbuat dari plastik tidak memiliki rasa alias tawar. Untuk baunya, beras plastik memiliki aroma khas bahan kimia yang menyengat. Sedangkan yang asli memiliki aroma alami yang lebih harum dan mengguggah selera. 

Tekstur beras saat diolah

Berbeda dengan beras asli yang menyerap air dan juga memiliki tekstur empuk, beras plastik akan menjadi lembek serta semakin kering dan mengeras jika sudah dikeluarkan dai penanak nasi. 

Mulai saat ini, cermati dulu beras yang akan Anda beli dan yang akan dimasak. Sebab, mengonsumsi beras sintetis akan sangat berbahaya dan memicu berbagai penyakit yang bisa berujung pada kematian. Watch out, B'timers!

Share This Article