Berapa Lama Idealnya Olahraga Jalan dalam Sehari | Breaktime
Berapa Lama Idealnya Olahraga Jalan dalam Sehari?
16.10.2016

Jika aturan minum air per hari, kita mungkin sudah mengetahuinya, B’timers. Namun bagaimana dengan olahraga berjalan yang ideal dilakukan dalam sehari? Dan berdasarkan penelitian, disarankan setidaknya untuk berjalan sebanyak 10 ribu langkah per hari atau sekitar 30 menit jika kita ingin mendapat manfaat bagi tubuh. Hmm, jadi bagaimana aturan tepat dalam olahraga berjalan? Simak jawabannya berikut!

Berapa Lama Idealnya Olahraga Jalan dalam Sehari | Breaktime
Berjalan santai di sore hari bersama hewan peliharaan

Ideal berjalan setiap hari dengan manfaat kesehatan

Dengan kita berjalan setidaknya selama 30 menit, terbukti sangat baik untuk pembakaran lemak. Tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melepaskan lemak kemudian mengubahnya menjadi bahan bakar bagi tubuh. Berjalan selama 30 menit secara rutin dalam seminggu dapat membantu tubuh untuk membakar sekitar 1000 – 3000 kalori dan meningkatkan metabolisme Anda, B’timers.

  • Jika Anda berjalan dengan kecepatan cepat selama 30 menit, setidaknya jarak yang ditempuh adalah 1 ½ hingga 2 mil atau 2 ½ hingga 3,3 kilometer.
  • Olahraga berjalan 30 hingga 60 menit akan meningkatkan detak jantung sebanyak 50 – 70 %. Dan ini sangat baik untuk menurunkan berat badan.
  • Untuk yang baru akan memulai olahraga berjalan, Anda bisa memilih lintasan yang datar dan lakukan dengan kesepatan normal selama 5 – 10 menit.
  • Berhenti dan lakukan beberapa gerakan peregangan dan latihan fleksibilitas.
  • Kemudian lanjutkan dengan langkah cepat selama 30 – 60 menit untuk meningkatkan detak jantung Anda.
  • Setelah itu turunkan kecepatan selama 5 menit untuk membantu mendinginkan suhu tubuh.
  • Tutup latihan fisik Anda dengan gerakan peregangan ringan.
  • Anda bisa melanjutkan olahraga dengan kecepatan normal setidaknya selama 90 – 120 menit.
Berapa Lama Idealnya Olahraga Jalan dalam Sehari | Breaktime
Pastikan Anda mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman

Dan jika Anda tak bisa melakukan olahraga berjalan selama 30 menit, jangan khawatir, B’timers. Cobalah untuk membagi waktu latihan menjadi beberapa sesi yang lebih singkat. Nah, selamat memulai olahraga berjalan Anda, B’timers! (NO)

Share This Article