Berapa Jumlah Ideal Mengunyah Sebelum Dicerna? | Breaktime
Berapa Jumlah Ideal Mengunyah Sebelum Dicerna?
26.08.2016

Mengunyah makanan sangat penting bagi tubuh. Ada beberapa aturan yang dianjurkan untuk mengunyah makanan. Untuk makanan yang mudah hancur seperti sayur dan buah Anda perlu mengunyahnya sebanyak 5-10 kali, sedangkan untuk makanan yang sedikit keras seperti daging ayam dan daging sapi Anda perlu mengunyah kurang lebih sebanyak 30 kali. Kenapa kita harus mengunyah sebanyak itu? Berapa jumlah ideal mengunyah makanan sebelum dicerna?

Banyak yang mengatakan bahwa saat kita mengunyah makanan harus sebanyak 32 kali. Untuk angka tersebut tidak bisa dijadikan sebagai patokan. Pada dasarnya mengunyah makanan sampai haluslah yang menjadi kunci utama. Tak harus 32 kali atau 100 kali, asalkan makanan yang Anda kunyah sudah benar-benar lembut Anda sudah bisa menelannya. Kenapa kita harus mengunyah dalam waktu lama?

Ada beberapa manfaat dari mengunyah makanan dengan benar sebelum dicerna. Berikut penjelasan tentang berapa jumlah ideal mengunyah makanan sebelum dicerna.

  • Nutrisi dan Energi dari Makanan Terserap Sempurna

Proses mengunyah akan mengubah makanan menjadi partikel kecil dan membuatnya mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini juga membuat nutrisi menyebar dan terserap dengan baik.

  • Bagus untuk kesehatan gigi dan mulut

Proses mengunyah membuat rongga mulut, gigi, dan gusi Anda bekerja dan mengeluarkan enzim Saliva. Enzim yang keluar saat mengunyah dapat membersihkan bakteri yang berpotensi menjadi plak dan karang gigi.

Berapa Jumlah Ideal Mengunyah Sebelum Dicerna? | Breaktime
Kebiasaan makan yang sehat

Itu adalah beberapa manfaat dari mengunyah makanan sampai benar-benar lembut. Jadi, berapa jumlah ideal untuk mengunyah makanan sebelum dicerna? Banyak yang mengatakan bahwa saat kita mengunyah makanan idealnya sebanyak 32 kali. Untuk angka 32 kali mengunyah adalah saran untuk Anda agar lebih berhati-hati dalam mengunyah makanan. Pada intinya, pastikan makanan Anda benar-benar terlumat hingga halus sebelum Anda telan dan dicerna oleh tubuh.(naf)

Share This Article