Berapa Banyak Asupan Gula yang Sebenarnya Kita Butuhkan? | Breaktime
Berapa Banyak Asupan Gula yang Sebenarnya Kita Butuhkan?
29.05.2015

Dalam keseharian kita tentu tidak bisa lepas dari gula. Ya, si manis yang berbahaya itu, B’timers. Entah itu makanan, minuman atau camilan. Bahkan, buah-buahan juga mengandung gula yang sama berbahayanya jika dikonsumsi dengan tidak tepat, lho. Seperti dilansir Independent, baru-baru ini World Health Organization atau WHO menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan manis.

WHO menyarankan orang dewasa dan anak-anak mengurangi asupan gula menjadi hanya setengah saja atau sekitar 10 persen dari jumlah kalori per hari. Namun sebenarnya, yang paling baik adalah 5 persen dari kalori per hari. Dan, itu setara dengan sekitar 25 gram atau enam sendok makan saja per hari! Bisa dibayangkan berapa banyak kelebihan gula yang kita konsumsi selama ini kan, B’timers?

Di Inggris, rata-rata orang mengonsumsi 16-17 persen kalori per harinya berasal dari gula, 11-15 persen di Amerika dan 7-8 persen di Hungaria dan Norwegia. Direktur Departemen Gizi untuk Kesehatan dan Pengembangan WHO, Dr. Fransesco Branca, mengatakan WHO telah membuktikan bahwa mengurangi asupan gula hingga kurang dari 10 persen dari keseluruhan asupan energi tubuh, dapat mengurangi resiko kelebihan berat, kegemukan dan kerusakan gigi.

Makanan manis yang menjadi musuh dalam selimut
Makanan manis yang menjadi musuh dalam selimut

Branca juga menambahkan, langkah penting untuk menggerakkan masyarakat agar hidup lebih sehat dengan mengurangi konsumsi gula ini dapat terwujud, jika dibuat kebijakan kesehatan yang khusus mengatur tentang ini. Apalagi, jika pemerintah memang peduli dengan kesehatan seluruh rakyat dan ingin mengurangi resiko penyakit tidak menular namun berbahaya seperti diabetes.

Meski kandungan gula dalam buah, sayuran dan susu pada dasarnya sama dengan free sugar, namun sudah cukup diimbangi dengan nutrisi penting yang terkandung di sana. Yang lebih berbahaya sebenarnya adalah produk makanan olahan di mana kebanyakan pabrik menambahkan gula dan itu “tersembunyi” dengan sangat baik tanpa kita ketahui.

Maka dari itu, sebaiknya kita makin banyak mengurangi konsumsi processed food, B’timers. Sebab, kandungan gula di dalamnya cenderung tinggi dan tanpa disadari itu berbahaya untuk kesehatan. So, be aware of sugar.

Share This Article