Benarkah Yoga Dapat Memperlancar Persalinan? | Breaktime
Benarkah Yoga Dapat Memperlancar Persalinan?
16.05.2015

Siapa sih yang tidak deg-degan yang namanya proses persalinan? Bagi B’timers yang saat ini sedang hamil dan tengah menghitung mundur hari kelahiran sang buah hati, pastinya ada sebersit rasa takut di tengah kebahagiaan yang tengah melanda, bukan?

Namun, tahukah Anda bahwa rutin melakukan prenatal yoga ternyata dapat memperlancar persalinan? Yap, seperti halnya kelas-kelas yoga yang lain, prenatal yoga dilakukan dengan  pendekatan untuk mendorong peregangan tubuh serta pemusatan pikiran dan pernapasan dalam waktu yang sama. Kegiatan inilah yang dipercaya dapat membantu persalinan menjadi lebih lancar.

Penelitian seputar manfaat prenatal yoga saat melahirkan ini juga mendapatkan perhatian khusus Kelly Riley RN, BSN, dan Emily Drake, PhD, RN, CNL dari University of Virginia. Melalui penelitian yang dimuat di  jurnal Birth Psychology, keduanya melakukan tinjauan pustaka pada manfaat prenatal yoga dengan menggunakan dua database elektronik dari CIANHL dan PubMed.

Studi literatur yang melibatkan sebelas penelitian dari seluruh penjuru dunia ini dilakukan dengan fokus pada kata kunci yoga, kesehatan, wanita, hamil, dan prenatal. Hasilnya, ditemukan bahwa prenatal yoga dapat mengurangi rasa sakit dan kecemasan ketika melahirkan, mempercepat proses persalinan, serta dapat pula mempengaruhi berat badan bayi untuk lahir dalam keadaan normal.

Teknik pernapasan yoga sangat bermanfaat saat kontraksi melahirkan
Teknik pernapasan yoga sangat bermanfaat saat kontraksi melahirkan

Bagaimana? Apakah B’timers mulai penasaran dan ingin mencoba prenatal yoga? Bila Anda mendaftarkan diri ke sejumlah kelas yoga untuk persiapan bersalin, umumnya akan diajarkan beberapa hal penting seperti teknik bernapas saat kontraksi melahirkan.

Ke dua, Anda juga akan diajak untuk melakukan peregangan secara perlahan yang umumnya dilakukan dengan memutar leher ataupun lengan untuk menghilangkan kekakuan sebelum melahirkan. Ke tiga, dalam keadaan berdiri, postur Anda akan benar-benar dilatih agar kekuatan, keseimbangan, dan kelenturan Anda terjaga sambil mempertahankan posisi bernapas dengan stabil.

Ke empat, B’timers akan diajarkan untuk menenangkan diri dan melakukan relaksasi. Ini adalah sebuah teknik penting untuk memastikan ritme napas tetap dalam keadaan stabil meski Anda mengalami kelelahan pada saat bersalin nanti.

Wow, ternyata banyak sekali ya manfaat prenatal yoga pada ibu melahirkan. Jangan tunda lagi kesempatan untuk mendaftarkan diri ke kelas prenatal yoga bila aktivitas ini memang telah terbukti banyak membantu saat proses kelahiran nanti.

Share This Article