Benarkah Saat Diet Harus Menghindari Makanan ini?
Benarkah Saat Diet Harus Menghindari Makanan ini?
25.02.2016

Anda ingin mengurangi beberapa kilo berat badan, dan daftar makanan yang harus dihindari semakin panjang, B’timers? Tidak boleh ada roti atau kentang karena terlalu banyak karbohidrat tidak baik untuk program diet. Juga tidak ada cokelat atau es krim karena terlalu berlemak. Anda mungkin disarankan seorang sahabat untuk menghindari pasta dan pizza untuk makan siang. Mungkin semua itu sudah sering Anda alami, ya?

Milton Stokes, seorang ahli diet dari Connecticut, Amerika Serikat, mengatakan, menghindari makanan tertentu saat sedang diet bisa menjadi bumerang bagi Anda, B'timers. Dan, berikut adalah sejumlah makanan yang ternyata tidak harus dihindari saat sedang diet, termasuk Anda, B’timers.

Roti

Otak akan menghasilkan serotonin, yang mampu menyebabkan rasa nyaman dan puas. Ketika produksi serotonin maksimal, Anda akan merasa tenang dan bahagia, serta memiliki nafsu makan yang lebih sedikit. Anda bisa mengambil 1 potong roti atau setengah porsi muffin.

Roti? Yess or no?
Roti? Yess or no?

Pasta

Seperti roti, karbohidrat dalam pasta meningkatkan serotonin untuk membantu mengurangi keinginan makan berlebih. Porsi yang tepat bagi Anda yang berdiet adalah ½ cangkir pasta masak. Pilih yang dibuat dari gandum utuh untuk memenuhi kebutuhan serat. Tambahkan ayam panggang dan banyak sayuran.

Kentang

Digoreng atau diolah dengan saus asam, tidak dapat membantu menurunkan berat badan Anda, B’timers. Namun, kentang rebus atau panggang dapat membuat usus besar menciptakan asam lemak yang bisa menghalangi kemampuan tubuh membakar karbohidrat. Makanlah kentang seukuran 1 kepalan tangan saja.

Selai kacang

Wanita yang mengonsumsi seporsi selai kacang atau lebih dapat mengurangi beberapa pon berat badan mereka dalam seminggu. Alasannya, karena makanan ringan ini membantu Anda tetap kenyang selama 2 ½ jam. Hal serupa diungkapkan peneliti dari Purdue University.

Siapa bilang diet tidak boleh makan selai kacang?
Siapa bilang diet tidak boleh makan selai kacang?

Keju

Para ilmuwan di University of Tennessee menemukan fakta, bahwa mereka yang melakukan diet rendah kalori dapat menurunkan berat badan mereka, meskipun tetap mengonsumsi kalsium tambahan sebanyak 300 - 400 mg perhari. Ambil 2 ons keju sebagai camilan Anda, B’timers.

Cokelat hitam

Mengonsumsi porsi kecil cokelat lebih baik daripada menghindarinya sama sekali. Mereka yang menjauhi makanan manis ini berisiko makan lebih banyak cokelat ketika tidak mampu menahan nafsu. Cokelat hitam adalah pilihan tepat dibanding sebungkus M&M’s di depan TV.

Meskipun Anda sedang berdiet, tidak berarti harus mengurangi asupan makanan tertentu ya, B’timers? Apalagi buah-buahan. Anda bisa tetap mengonsumsi 3 buah apel kecil untuk makan secara teratur atau saat ingin menikmati camilan, dan berat badan Anda tetap akan berkurang dalam 10 hari tanpa diet ketat, lho. (NO)

Share This Article