Benarkah Renang Cepat Turunkan Berat Badan? | Breaktime
Benarkah Renang Cepat Turunkan Berat Badan? Ini Faktanya!
01.01.2016

Memiliki tubuh ideal dan proporsional sudah pasti menjadi impian semua orang. Segala macam upaya pun dilakukan demi mendapatkan bentuk tubuh seperti yang diinginkan. Beberapa orang bahkan hanya mengisi hidupnya dengan diet dan berolahraga saja demi pembentukan tubuh.

Salah satu olahraga yang diyakini dapat membantu menurunkan olahraga dengan cepat adalah olahraga renang. Banyak yang percaya bahwa berenang yang memerlukan gerakan dari hampir seluruh bagian tubuh akan membantu proses pembakaran lemak berlebih di dalam tubuh.

Gerakan renang juga dipercaya dapat membentuk tubuh karena otot terlatih dalam gerakan tertentu. Tak pelak, mereka mempercayai bahwa para perenang yang bertubuh indah dan ramping adalah karena mereka rajin dan aktif dalam olahraga renang. Namun, tahukah Anda bahwa sugesti yang dipercayai banyak orang itu ternyata adalah mitos belaka?

Eric Harr, seorang personal trainer profesional sekaligus penulis buku The Portable Personal Trainer, menyatakan bahwa olahraga renang bukanlah jenis olahraga yang secara signifikan bisa membantu Anda menurunkan berat badan, kecuali jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam di kolam renang.

 

Benarkah Renang Cepat Turunkan Berat Badan? | Breaktime
Berenang baik untuk paru-paru

Sekali lagi, Harr menegaskan bahwa berenang memang bagus untuk meningkatkan kapasitas kerja paru-paru dan juga mengencangkan otot, namun tidak untuk menurunkan berat badan a[alagi dalam waktu yang cepat. Hal itu disebabkan karena daya apung air yang mendukung tubuh Anda, sehingga tidak memungkinkan banyaknya usaha yang kemudian memicu pembakaran kalori dan lemak.

Lebih dari itu, berenang justru akan membuat Anda tidak bisa mengontrol jumlah makanan yang Anda makan. Mengapa bisa demikian?

Harr menjelaskan bahwa setelah menghabiskan banyak waktu di kolam renang, entah Anda gunakan untuk berenang maupun hanya sekedar berendam dan bermain, sangat mustahil jika Anda tidak merasa lapar. Terlebih, setelah aktivitas renang yang banyak memakan waktu, perut Anda akan terasa sangat kosong sehingga memungkinkan Anda untuk makan dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Hal itu akan semakin membuat jumlah kalori dan lemak menumpuk di tubuh Anda.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang percaya bahwa berenang dapat menurunkan berat badan dengan cepat, semoga Anda segera mengganti jenis olahraga untuk membantu program diet Anda ya, B’timers. Selain olahraga, tentu saja harus diimbangi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat. Semoga bentuk tubuh impian segera tercapai! (nap)

 

Share This Article