Benarkah Olahraga Penting untuk Kesehatan Usus? | Breaktime
Benarkah Olahraga Penting untuk Kesehatan Usus?
30.01.2016

Untuk menjaga kesehatan usus yang menjadi bagian dari sistem pencernaan, tentu caranya adalah dengan memilih dan memilah makanan. Selain itu, mengonsumsi susu fermentasi yang kaya akan probiotik juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan usus. Lantas bagaimana dengan olahraga? Apakah olahraga untuk kesehatan usus?  Simak ulasannya.

Benarkah Olahraga Penting untuk Kesehatan Usus? | Breaktime
Yogurt dan susu fermentasi sangat baik untuk pencernaan

Hasil penelitian

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Clarke, mengungkapkan bahwa olahraga dan diet dapat menyebabkan terjadinya peningkatan keragaman mikroba usus. Penelitian yang berlangsung di Irlandia itu, menyebutkan bahwa atlet memiliki keragaman mikroba yang mencapai 22 filum berbeda. Keragaman ini akan berpengaruh positif terhadap konsumsi protein dan keratin kinase.

Selain meningkatkan jumlah mikroba dalam usus, olahraga teratur juga mampu menjadi jalan keluar bagi Anda yang kerap menderita sembelit. Olahraga, bukan hanya membantu menjaga kestabilan detak jantung dan kekuatan otot, tapi juga penting bagi gerakan usus yang teratur.

Olahraga terbaik untuk kesehatan usus

Olahraga untuk kesehatan usus dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda bisa melakukan jalan kaki selama 10 hingga 15 menit ataupun latihan aerobik seperti jogging atau renang. Selain olahraga utama, melakukan peregangan juga membantu untuk meringankan sembelit. Semua gerakan olahraga ini dapat membantu Anda menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat.

Benarkah Olahraga Penting untuk Kesehatan Usus? | Breaktime
Lakukan aerobik satu jam setelah makan

Kapan olahraga dilakukan?

Olahraga untuk menjaga kesehatan pencernaan, sebaiknya dilakukan satu jam setelah Anda makan besar. Setelah makan, aliran darah ke perut dan usus akan meningkat untuk membantu proses pencernaan. Jika Anda berolahraga aliran darah akan menuju jantung dan otot, sehingga kontraksi usus melemah dan pencernaan berlangsung lamban. Akibatnya, Anda akan mengalami kembung dan sembelit. Oleh karena itu, tunggu satu jam dan berikan waktu agar usus dapat mencerna makanan dengan baik.

Manfaat olahraga untuk pencernaan

Anda tentu bertanya-tanya bagaimana olahraga dapat mempengaruhi organ pencernaan. Sebenarnya, olahraga membantu sisa makanan bergerak lebih cepat ketika melalui usus besar. Karena waktu yang digunakan untuk melewati usus besar lebih singkat, penyerapan air oleh usus dari tinja pun akan lebih sedikit. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari tinja yang keras, kering dan menyebabkan sembelit.

Selain itu, olahraga juga dapat mempercepat pernapasan dan detak jantung. Keduanya akan merangsang kontraksi alami usus. Kontraksi alami ini memungkinkan kerja usus menjadi lebih efisien dan dapat mencerna makanan lebih cepat.

Olahraga untuk kesehatan usus maupun kesehatan organ tubuh lainnya, sebaiknya dilakukan secara teratur. Imbangi juga dengan makanan sehat yang mengandung gizi seimbang. (dfr)

Share This Article