Benarkah Makan Perlahan Mengatasi Hasrat Ngemil? | Breaktime
Benarkah Makan Perlahan Mengatasi Hasrat Ngemil?
03.12.2016

Ketika datang waktunya untuk makan camilan, hal ini tentu dapat merusak rencana diet yang telah Anda atur, B’timers.. Semua orang pada dasarnya memiliki tanda alaminya sendiri, yang dapat menunjukkan apakah perut sudah merasa kenyang atau belum, B’timers. Untuk mendapatkan rasa kenyang yang lebih cepat, tahu kah And ajika memang cara makan perlahan merupakan cara yang cukup efektif. Karena otak membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk mengenali rasa kenyang dari perut. Tak hanya itu makan secara perlahan selain mampu ‘mengerem’ hasrat ngemil juga nyatanya baik untuk kesehatan. Mengunyah makanan secara perlahan akan secara alami membantu memperlancar proses pencernaan. Proses pencernaan makan sendiri diawali saat makanan masuk ke dalam mulut, sehingga semakin lama makanan dikunyah beban sistem pencernaan dalam perut akan lebih ringan.

Tak hanya itu, makan perlahan nyatanya juga mampu mengurasi rasa stress dan depresi. Sebuah penelitian dari The Academy of nutrition and Dietitics menyatakan jika mengunyah secara perlahan mampu mendorong seseorang untuk menikmati makanan tersebut serta membantu mengatasi kesehatan mental. Ternyata tidak hanya tubuh ideal, tapi banyak manfaat yang bisa diperoleh jika memakan dengan perlahan, bukan.

Selain itu ada hal lain yang perlu diperhatikan untuk mengatasi hasrat ngemil. Nah, daripada Anda makin tersiksa karena aturan ngemil, intip tips atasi hasrat ngemil serta hubungan makan perlahan demi menjaga berat badan berikut ini, yuk!

Benarkah Makan Perlahan Mengatasi Hasrat Ngemil? | Breaktime
Buat jadwal rutin kapan Anda harus ngemil, B’timers

Perhatikan skala kelaparan Anda

Daripada menenggelamkan diri ke dalam camilan tanpa berpikir terlebih dahulu, sebaiknya berhentilah memikirkan apa yang tubuh Anda rasakan. Inilah arti dari skala atau tingkat kelaparan, B’timers. Lakukan hal ini dengan memperhatikan tingkat kelaparan Anda sebelum memutuskan untuk menikmati camilan.

Memilih jenis camilan yang tepat

Jangan hanya fokus pada berapa banyak kalori dalam makanan yang Anda konsumsi. Dibanding dengan makanan manis, seperti cake yang penuh krim, sebaiknya pilihlah buah atau sayur segar. Atau Anda pun bisa memakan oatmeal dan beras merah. Semua pilihan ini punya kandungan kalori yang paling rendah.

Coba perbaiki hasrat yang menggila

Nah, ketika Anda sudah ngemil dan otak pun telah mengirimkan sinyal telah kenyang. Namun Anda tidak segera berhenti makan camilan. Well, hal itu berarti rasa lapar tersebut dampak dari hasrat makan yang menggila. Perbaiki dengan memilih camilan yang benar-benar dapat membuat Anda merasa kenyang.

Hindari keinginan untuk multitasking

Kunci untuk ngemil dengan diet sehat, pada umumnya adalah makan dengan penuh kesadaran. Hindari makan sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti menonton TV, menyelesaikan tugas kantor ataupun seraya menemani anak bermain. Perhatikan saja apa yang Anda makan dan jangan lakukan apapun lagi.

Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda ingin menghabiskan kentang panggang. Jika jawabannya tidak, itu artinya Anda tak terlalu lapar. So, bijaklah ketika ngemil, memilih camilan serta menentukan waktu untuk ngemil, ya, B’timers? (NO)

Benarkah Makan Perlahan Mengatasi Hasrat Ngemil? | Breaktime
Abaikan keinginan ngemil yang terlalu besar, ya?

Coba perbaiki hasrat yang menggila

Nah, ketika Anda sudah ngemil dan otak pun telah mengirimkan sinyal telah kenyang. Namun Anda tidak segera berhenti makan camilan. Well, hal itu berarti rasa lapar tersebut dampak dari hasrat makan yang menggila. Perbaiki dengan memilih camilan yang benar-benar dapat membuat Anda merasa kenyang.

Hindari keinginan untuk multitasking

Kunci untuk ngemil dengan diet sehat, pada umumnya adalah makan dengan penuh kesadaran. Hindari makan sambil melakukan aktivitas lainnya, seperti menonton TV, menyelesaikan tugas kantor ataupun seraya menemani anak bermain. Perhatikan saja apa yang Anda makan dan jangan lakukan apapun lagi.

Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda ingin menghabiskan kentang panggang. Jika jawabannya tidak, itu artinya Anda tak terlalu lapar. So, bijaklah ketika ngemil, memilih camilan serta menentukan waktu untuk ngemil, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE