Benarkah Bayi yang Baru Lahir Bisa Berenang? | Breaktime
Benarkah Bayi yang Baru Lahir Sudah Bisa Berenang?
20.11.2015

Melihat bayi yang baru lahir memang bagaikan sebuah keajaiban. Tidakkah B’timers merasa terharu menyaksikan bayi yang menggemaskan itu? Nah, salah satu hal ajaib pada bayi adalah ternyata bayi yang baru lahir sudah bisa berenang, lho. Ya, meski masih membutuhkan bantuan orangtuanya, bayi sebenarnya sudah memiliki kemampuan alami untuk berenang.

Ini karena bayi memang memiliki refleks yang membuatnya bisa berenang di air. Dan, gerakan refleks ini muncul paling kuat dan paling terlihat saat bayi berusia enam bulan. Gerakan refleks tersebut ada dua macam:

  • Refleks berenang

Untuk melatih bayi Anda, Anda bisa menaruh tubuhnya dengan posisi tengkurap dan bagian perutnya berada di atas air. Secara otomatis, ia akan menggerakkan tangan dan kakinya dan membuat gerakan berenang.

  • Refleks menyelam

Bayi Anda akan menahan napas membuka matanya saat berada di bawah air. Reaksi yang muncul ini sama seperti jika Anda meniup wajah bayi Anda dengan pelan.

Bahkan, sebenarnya bayi senang menyelam, lho. Berdasarkan sejumlah penelitian, refleks menyelam pada bayi membuatnya aman, sebab air takkan tertelan atau membuatnya tersedak saat mereka berada di bawah air. Bayi Anda takkan merasa khawatir atau takut jika Anda mengajaknya berenang atau menyelam lagi. Justru ia akan semakin bersemangat.

Benarkah Bayi yang Baru Lahir Bisa Berenang? | Breaktime
Bayi yang baru lahir sudah memiliki kemampuan untuk berenang

Karena itulah, ajak bayi Anda pergi berenang. Si kecil akan sangat senang bermain dan bercipratan air. Selain itu, berenang bisa menjadi olahraga yang sangat baik bagi Anda dan bayi Anda. Ini bisa sekaligus mengeratkan hubungan dan menjalin kedekatan antara Anda dan si kecil. Namun, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengajak si kecil berenang:

  • Jika Anda baru melahirkan, hindari berenang hanya berdua saja dengan bayi Anda. Tunggu hingga tujuh hari di mana sudah tidak terjadi pendarahan. Anda juga bisa meminta orang yang Anda percaya seperti suami atau saudara untuk mengajak bayi Anda berenang atau setidaknya lebih dulu mengenalkan air padanya.
  • Jika Anda memilki jahitan pasca operasi caesar, tunggu hingga enam minggu dan mintalah saran tentang berenang bersama si kecil kepada dokter Anda.
  • Bayi berumur kurang dari enam bulan sebaiknya berenang di air yang suhunya 32 derajat celcius. Air di kolam renang umum yang besar akan terlalu dingin untuknya.

Selain itu, perlu diingat bahwa tidak semua bayi suka di air atau berenang, meski mereka punya kemampuan untuk berenang dan menyelam. Namun, jika bayi Anda sangat senang di kolam renang, tidak masalah jika Anda mengajaknya untuk sedikit berendam di bawah permukaan. Ajak buah hati B’timers bermain air sambil belajar berenang, ya. (md)

Share This Article