Begini Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya | Breaktime
Begini Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya
02.11.2016

Push Up merupakan salah satu olahraga lantai yang tidak asing lagi bagi setiap orang. Push Up ini sendiri, juga termasuk olahraga yang tergolong mudah untuk dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Meski Push Up mudah untuk dilakukan namun saat melakukannya tetap ada caranya sendiri agar Push Up yang dilakukan bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh. Berikut ini ada informasi untuk B’timers tentang cara Push Up yang benar dan manfaatnya.

  • Posisi Tangan

Posisi tangan yang benar, jarak tangan Anda sedikit lebih lebar dari bahu dan cari posisi yang nyaman sesuai dengan tubuh Anda.

  • Posisi Kaki

Atur kaki Anda terbuka selebar bahu atau sesuaikan dengan kenyamanan Anda agar Push Up bisa stabil.

  • Posisi Tubuh

Pastikan posisi tubuh Anda satu garis lurus dari kepala sampai tumit. Posisi pantat tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

  • Posisi Kepala

Posisi Push Up yang benar ditandai jika posisi kepala menghadap ke depan dan dagu menjadi bagian pertama saat menyentuh lantai bukan hidung.
 

Begini Cara Push Up yang Benar dan Manfaatnya | Breaktime
Push up dengan lutut sebagai tumpuan

Setelah mengetahui posisi yang benar saat melakukan push up, sekarang adalah tahapan yang benar saat melakukan push up. Bagi Anda seorang pemula, dalam melakukan push up ada tiga tahap:

  • Push Up di dinding

Untuk para pemula, agar tidak terjadi cidera otot pada lengan atau kaki sebaiknya melatih diri untuk melakukan Push Up dengan berdiri atau Push Up di dinding, jika Anda sudah bisa melakukan Push Up di dinding dengan benar dan lancar baru Anda bisa melakukan Push Up di lantai.

  • Push Up menggunakan lutut

Saat memulai Push Up di lantai jangan terburu-buru melakukan Push Up seperti orang yang sudah biasa melakukannya. Anda lakukan Push Up namun menggunakan lutut sebagai tumpuan, caranya buka lengan sedikit lebar dari bahu, tempelkan kedua lutut di lantai dan silangkan kaki. Jika Anda sudah bisa melakukannya dengan benar cobalah untuk membuat variasi baru dengan mengangkat satu tangan Anda.

  • Push Up sempurna

Jika dua tahap Push Up di atas Anda sudah benar-benar menguasainya maka Anda sudah bisa melakukan Push Up sempurna. Perlu Anda ketahui, sangat disarankan saat melakukan Push Up untuk tidak menggunakan alas dan langsung menyentuh lantai. Hal ini akan lebih efektif dan bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan atau cidera saat Anda melakukan olahraga Push Up tersebut.

Kini Anda sudah tahu bagaimana posisi dan tahapan yang benar untuk melakukan olahraga Push Up, dengan begini Anda tentu akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari Push Up. Nah, berikut ini ada sedikit penjelasan tentang manfaat dari Push Up ini sendiri, yaitu:

  • Mengencangkan otot.

Dengan melakukan Push Up, otot lengan, dada, dan perut Anda menjadi lebih kencang.

  • Membakar kalori

Dengan melakukan Push Up banyak kalori dalam tubuh yang akan terbakar sehingga cocok untuk menurunkan berat badan.

  • Membuat percaya diri

Otot yang semakin kencang dan bentuk tubuh yang terjaga karena melakukan Push Up rutin tentu akan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Push Up memang olahraga yang mudah dan banyak manfaat, namun untuk melakukannya Anda harus memperhatikan cara yang benar sehingga hasil yang dicapai bisa maksimal. Itu dia sedikit ulasan cara Push Up yang benar dan manfaatnya. (naf)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE