Beberapa Kesalahan Umum Fitness untuk Pemula | Breaktime
Beberapa Kesalahan Umum Fitness untuk Pemula
18.09.2017

B’timers sudah sejak lama ingin melakukan latihan fitness tapi bingung hendak memulai dari mana? Merasa gentar sejak pertama kali mampir ke tempat latihan gym dan minder dengan orang lain yang nampak konsentrasi dengan aneka latihan berat? Jangan mundur teratur meski Anda hampir tak mengetahui satu pun mengenai fitness. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa tujuan utama dalam nge-gym ialah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

Motivasi untuk mulai fitness demi menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh ideal bukanlah hal yang salah. Sebaliknya, latihan fitness yang dilakukan secara tepat, terarah, dan teratur dijamin akan memberikan bentuk tubuh sempurna bagi Anda, meski berat badan tak mengalami penurunan drastis seperti yang Anda harapkan. Beberapa kesalahpahaman mengenai latihan fitness tersebut seringkali dilatarbelakangi oleh beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pelaku fitness pemula. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dihindari dalam melakukan latihan fitness untuk pemula:

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Serba-serbi Diet Air Putih

Kesalahan pertama yang paling sering dilakukan beginner di tempat gym ialah berlatih secara berlebihan. Kebanyakan pelaku fitness pemula biasanya ingin segera mendapatkan hasil latihan secara drastis sehingga tidak memperhatikan kapasitas tubuh setiap individu yang pada dasarnya berbeda. Padahal, Rita Redberg, MSc, ketua American Heart Association’s Scientific Advisory Board dalam program Choose to Move menuturkan bahwa sesedikit apapun manfaat yang didapatkan dari aktivitas baik sebenarnya pasti akan berdampak positif pada penurunan berat badan dan peningkatan kondisi fisik menjadi lebih baik.

Pelaku fitness pemula sebaiknya tidak serta-merta melakukan latihan selama 5 hari berturut-turut dalam seminggu. Selain menjadi bencana yang mengagetkan bagi otot tubuh yang bisa saja tidak siap dan cenderung mudah ambruk, jadwal latihan gym yang berat bagi pemula malah akan menguras kondisi fisik sehingga sesi latihan berikutnya tidak dapat berlangsung optimal. Dokter John Higgins, direktur Exercise Psychology dari Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Texas, Houston menuturkan bahwa Anda sebaiknya memulai latihan secara perlahan dari 1-2 per minggu selama 30 menit dalam setiap sesi. 

Beberapa Kesalahan Umum Fitness untuk Pemula  | Breaktime
Jangan sampai latihan gym Anda sia-sia karena melakukan berbagai kesalahan khas pemula

Hal penting lainnya yang sering dilewatkan dalam fitness untuk pemula ialah melakukan pemanasan dan peregangan. Dokter Higgins menekankan bahwa pemanasan dan peregangan sebelum melakukan latihan fisik sangatlah penting untuk menghindari terjadinya cedera. Berbeda dengan latihan fisik secara umum, pemanasan dan peregangan memungkinkan B’timers untuk meregangkan otot dan menhan selama sekitar 15 detik. Meski nampak sepele, hal tersebut rupanya bermanfaat untuk menyiapkan tubuh Anda agar tidak kaget dengan latihan fisik yang sesungguhnya nanti serta menjadi tidak mudah mengalami cedera.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bocor, Ini Rahasia Langsing Kim Kardashian!

Setelah membiasakan diri dengan ritme latihan gym dan melakukan stretching, B’tiemrs sebaiknya melakukan setiap jenis latihan fisik tanpa pilih-pilih. Beberapa orang cenderung konsisten dengan angkat beban saja, sama halnya dengan orang lain yang cenderung melakukan olahraga lari saja. Memang benar bahwa salah satu kelebihan latihan gym ialah banyaknya alternatif alat dan jenis latihan fisik yang dapat dilakukan. Padahal, menggabungkan beberapa jenis latihan fisik dapat membuat Anda tidak mudah bosan dengan satu latihan fisik tertentu. B’timers juga dijamin akan mendapatkan manfaat maksimal dari setiap jenis latihan secara berimbang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bisa Ditiru, Ini 3 Cara Diet Sehat

Selain latihan fisik di tempat gym, Dokter Higgins menyarankan agar Anda juga melakukan latihan kebugaran tubuh dan olahraga yang lainnhya seperti aerobic, olahraga kekuatan atau bela diri, latihan fleksibilitas tubuh seperti yoga, hingga olahraga keseimbangan. Dengan demikian, tak hanya mendapatkan manfaat yang Anda idamkan berupa penurunan berat badan, B’timers juga akan memperoleh tubuh sehat serta membentuk otot tubuh pada perut, lengan, betis, bahu, punggung, dan area tubuh lainnya secara merata.

Pada awal latihan gym, tubuh B’timers mungkin akan merasa ngilu dan kesakitan. Jangan khawatir karena hal tersebut normal terjadi pada fitness untuk pemula. Jangan konsumsi penghilang rasa sakit atau obat-obatan doping apapun agar tubuh Anda pulih secara normal dan terbiasa dengan beban latihan gym. Happy training ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE