Bebas Darah Tinggi Sejak Dini? Patuhi Menu DASH! | BREAKTIME
Bebas Darah Tinggi Sejak Dini? Patuhi Menu DASH!
06.03.2015

Harus diakui, munculnya berbagai restoran yang menyajikan aneka jenis makanan lezat membuat orang perlahan-lahan lalai dalam menjaga pola makan sehat. Maka tak heran bila sejumlah penyakit seperti hipertensi jamak terdeteksi dalam tubuh. Don’t assume that it will get you when you’re older. It possibly happens even when you’re still young!

Itulah mengapa, disiplin dalam menjaga pola makan sejak dini akan menentukan kesehatan jantung di masa depan. Adalah DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) sebuah program diet yang akan membantu B’timers untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara mengurangi asupan makanan yang mangandung sodium serta menambah asupan nutrisi lainnya yang lebih “bersahabat”. Berikut ini merupakan “rambu-rambu” makanan penting dalam menu DASH yang berhasil Breaktime rangkum:

Konsumsi biji-bijian 6-8 kali per hari

Bebas Darah Tinggi Sejak Dini? Patuhi Menu DASH!

Ada banyak makanan berbahan biji-bijian seperti roti, sereal, atau pasta yang bisa jadi andalan. Namun, pastikan untuk fokus mengonsumsi makanan berlabel “100 percent whole grain” atau “100 percent whole wheat” untuk memaksimalkan keberhasilan DASH.

Selain itu, pemilihan konsumsi beras merah dibandingkan konsumsi beras putih juga bisa jadi andalan lantaran kandungan seratnya jauh lebih tinggi dan berperan penting pada kelancaran sistem pencernaan.

Konsumsi sayur 4-5 kali sehari

Bebas Darah Tinggi Sejak Dini? Patuhi Menu DASH!

Don’t think that vegetables are only as side dishes! Konsumsi sayuran dalam jumlah banyak yang dikombinasikan dengan beras merah akan menjadi menu utama yang super sehat bagi kesehatan jantung dan tekanan darah Anda. B’timers juga bisa mengonsumsi sayuran beku atau kalengan dengan catatan, pastikan bahwa sayuran tersebut berlabel “low sodium” atau “without added salt”.

Konsumsi buah 4-5 kali sehari

Bebas Darah Tinggi Sejak Dini? Patuhi Menu DASH!

Berbagai buah rendah lemak sangat kaya akan kandungan serat, potasium, dan magnesium. Nah, jadikan buah tersebut sebagai snack ataupun dessert yummy yang memadukan potongan buah segar dengan low-fat yogurt. Selain itu, biasakan untuk tidak mengupas kulit buah yang bisa dimakan as it contains healthy nutrients and fiber for your health.

Dengan disiplin untuk mematuhi rambu-rambu menu DASH ini, bukan mustahil bila tekanan darah normal yang berpengaruh pada kesehatan jantung akan mudah untuk dijaga kendati Anda memasuki golden age. Indeed, some changes may decrease your heart function, but keep your blood tension always runs in normal will help you to stay healthy and live longer.

Share This Article