Macam - Macam Makanan yang Memperpanjang Usia | Breaktime
Bawang Putih Hingga Kerang, Makanan-Makanan Ini Bisa Perpanjang Usia
19.07.2015

Usia manusia memang jadi rahasia Sang Pencipta. Tapi ada lho, hal-hal yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur, salah satunya dengan menjalani pola hidup sehat. Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Dan Buetnerr, penulis buku The Blue Zones Solution: The Revolutionary Plan to Eat and Live Your Way to Lifelong Health.

Baca Juga : Ketika Warna Sayuran ‘Berbicara’

Dalam menjalankan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi merupakan salah satu sisi yang tak terpisahkan. Yuk, coba simak makanan apa saja yang ternyata bisa memperpanjang usia berikut ini:

Bawang putih

Konsumsi 1-2 siung bawang putih per hari
Konsumsi 1-2 siung bawang putih per hari

Di balik aromanya yang menyengat, bawang putih memiliki berjuta manfaat untuk membuat tubuh jadi sehat. Phytochemicals yang ada dalam bawang putih dapat menghindarkan tubuh dari serangan kanker, membunuh bakteri, serta memperbaiki sel yang rusak.

Kedelai

Zat besi yang tinggi pada kedelai bisa mengontrol kolesterol
Zat besi yang tinggi pada kedelai bisa mengontrol kolesterol

Biji-bijian satu ini selain memiliki rasa yang lezat, ternyata bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Kedelai merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan zat besi lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. Tak hanya itu, kedelai juga bisa mengontrol kolesterol di dalam tubuh sehingga dapat menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya seperti jantung dan diabetes.

Bok choy

Bok choy memiliki banyak nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan
Bok choy memiliki banyak nutrisi yang bisa meningkatkan kesehatan

Tidak hanya memiliki kandungan air tinggi, bok choy juga kaya akan serat, vitamin C, dan juga folat yang akan meningkatkan kesehatan tubuh. Vanderbilt University menemukan fakta bahwa para cancer survivors di Shanghai bisa bertahan dari serangan kanker payudara dengan mengonsumsi lebih banyak bok choy.

Tomat

Kandungan lycopene di dalam tomat ampuh tangkal kanker
Kandungan lycopene di dalam tomat ampuh tangkal kanker

Kandungan lycopene yang terdapat di dalam tomat merupakan nutrisi yang sangat penting untuk melawan sel kanker. Dengan mengonsumsi tomat secara teratur, tubuh Anda akan memiliki tameng yang sangat kuat untuk menangkal serangan berbagai jenis kanker berbahaya.

Kerang

Makanan favorit Tomoji Tanabe, lelaki tertua berumur 113 tahun
Makanan favorit Tomoji Tanabe, lelaki tertua berumur 113 tahun

Tomoji Tanabe, lelaki tertua yang wafat pada usia 113 tahun pada 2009 lalu ini memiliki resep sederhana untuk hidup lebih lama, yaitu hindari alkohol dan perbanyak makan kerang. Selain itu, Tanabe juga menyarankan Anda untuk mengonsumsi susu sapi setiap pagi.

Ternyata tak sulit ya, mendapatkan makanan-makanan yang bisa memperpanjang usia? Ingat B’timers, olah berbagai bahan makanan tersebut dengan proses masak yang tepat supaya kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Share This Article