Bangun Tengah Malam untuk Kencing? Ini Alasannya | Breaktime
Bangun Tengah Malam untuk Kencing? Ini Alasannya
03.05.2017

Apakah keinginan buang air kecil di tengah malam yang membangunkan Anda, ataukah Anda terbangun karena menyadari bahwa Anda ingin buang air kecil, B’timers? Well, meskipun tampaknya serupa, tetapi pada kenyataannya, kedua kasus tersebut berbeda, lho. Dan pertanyaan inilah yang wajib pasien jawab, jika mereka mengeluhkan gangguan kandung kemih ke dokter.

Bangun Tengah Malam untuk Kencing? Ini Alasannya | Breaktime
Sering terbangun tengah malam karena ingin kencing?

Menurut dokter Randy Wexler, profesor kedokteran dari Ohio State University Medical Center, jika saat seseorang tidur, maka aliran darah akan meningkat ke ginjal. Dan hal ini yang mempercepat produksi air kencing. Nah, jika Anda bangun karena gangguan tidur, yaitu pasangan mengorok atau insomnia, maka ini berarti tak ada masalah pada kandung kemih Anda. Meski saat bangun Anda buang air kecil, B’timers.

Baca juga: SIMAK CARA MENGECILKAN PERUT BUNCIT TRADISIONAL!

Namun berbeda alasannya jika Anda terbangun karena keinginan untuk buang air kecil. Masalah ini tak boleh Anda abaikan, B’timers. Karena jika hal ini yang Anda alami, bahkan terjadi hampir setiap tengah malam, itu berarti ada masalah di dalam tubuh Anda. Yuk, intip alasan kenapa seseorang selalu buang air kecil di tengah malam berikut ini!

Bangun Tengah Malam untuk Kencing? Ini Alasannya | Breaktime
Disarankan untuk tak minum air menjelang jam tidur

Jika Anda merasa ingin buang air kecil di tengah malam lalu terbangun, ini mungkin Anda minum terlalu banyak air sebelum tidur, B’timers. Disarankan untuk tidak minum air 2 jam sebelum tidur dan biasakan untuk buang air kecil terlebih dahulu sebelum Anda masuk ke dalam selimut.

Terlalu banyak minum alkohol maupun kafein juga dapat membuat seseorang selalu buang air kecil pada jam tidur di tengah malam, lho. Disarankan untuk menghindari kafein, termasuk juga teh, setelah pukul 6 petang. Lalu sebaiknya jangan minum alkohol setidaknya 3 jam sebelum tidur.

Baca juga: INTIP TIPS AMPUH MENGATUR POLA MAKAN SEHAT

Alasan lain Anda selalu buang air kecil di tengah malam adalah karena kadar hormon antidiuretic terlalu rendah, B’timers. Hormon ini yang membantu ginjal dalam mengontrol kadar cairan. Nah, semakin kecil kadar hormon ini di dalam tubuh, maka semakin sering Anda buang air kecil.

Bangun Tengah Malam untuk Kencing? Ini Alasannya | Breaktime
Hati-hati dengan risiko infeksi saluran kemih, B’timers!

Besar kemungkinan orang menderita infeksi saluran kemih, jika mereka selalu terbangun tengah malam dan harus buang air kecil, B’timers. Anda bisa mendeteksi, apakah Anda mengalami gangguan yang satu ini dengan sensasi yang dirasakan saat buang air kecil, seperti misaknya terbakar atau tidak nyaman.

Pernahkah Anda memperhatikan jika kaki Anda bengkak, maka kemungkinan besarnya Anda akan selalu buang air kecil di tengah malam, B’timers. Kondisi ini dikenal sebagai edema atau retensi cairan di tubuh bagian bawah, yang menyebabkan Anda ingin sering buang air kecil ketika sedang berbaring.

Baca juga: SEHAT TAK HARUS MAHAL, MAKANAN BERGIZI INI JAWABNYA!

Untuk penderita diabetes atau prediabetes, maka tubuh Anda akan meningkatkan produksi urin untuk membantu tubuh Anda menyingkirkan kelebihan kadar gula darah. Alasan ini bisa menjelaskan kenapa Anda terbangun di tengah malam untuk buang air kecil, kan, B’timers?

Bangun Tengah Malam untuk Kencing? Ini Alasannya | Breaktime
Konsultasikan jika Anda cukup sering buang air kecil

Beberapa penyakit menular seksual dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih sering buang air kecil, terutama di malam hari. Dan penyakit menular seksual yang menyebabkan gangguan tersebut, misalnya adalah gonore dan klamidia. Selain itu tandanya adalah saat buang air kecil, Anda akan merasa  perih.

Adapun berbagai kondisi kesehatan, juga dapat menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil ti tengah malam, yaitu polip rahim, kista ovarian atau kanker rahim dan ovarium. Kondisi itu dapat menyebabkan pembesaran organ. Hasilnya adalah keinginan untuk buang air kecil lebih sering.

Tergesernya kandung kemih hingga adanya gangguan pada prostat juga bisa menjadi alasan seseorang selalu buang air kecil di tengah malam, lho, B’timers. So, segera lakukan pengecekan, ya? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE