Bagaimana Yoga untuk Orang yang Tidak Fleksibel? | Breaktime
Bagaimana Yoga untuk Orang yang Tidak Fleksibel?
20.04.2016

Orang-orang sering menolak melakukan dengan alasan tak bisa menyentuh ujung kaki atau kesulitan mencium lutut. Memang, semua orang juga tahu bahwa yang paling penting dalam yoga adalah fleksibilitas. Percaya atau tidak, ternyata banyak lho, instruktur yoga yang dulunya juga tak bisa menyentuh ujung kakinya. Namun dengan berlatih, fleksibilitas pasti bisa diraih. Nah, inilah 5 pose yoga untuk orang yang tidak fleksibel.

Thread the Needle

Bagaimana Yoga untuk Orang yang Tidak Fleksibel? | Breaktime
Ambil posisi merangkak terlebih dahulu

Pose ini untuk meningkatkan kelenturan tulang belakang dan pundak Anda. Pertama-tama, ambil posisi merangkak. Setelah itu miringkan badan Anda ke kanan dan rentangkan tangan kiri Anda sebagai tumpuan sementara tangan kanan lurus dengan kepala. Lakukan dengan posisi bergantian. Untuk lebih mudahnya, lihat gambar.

Open Low Lunge Twist

Bagaimana Yoga untuk Orang yang Tidak Fleksibel? | Breaktime
Tangan kiri sebagai tumpuan

Buatlah posisi melangkah hingga kaki kanan dan kiri seperti hendak melakukan split. Lakukan hingga otot kedua kaki seperti tertarik. Selanjutnya, putar badan menghadap ke kanan dan angkat tangan kanan ke atas. Agar seimbang, letakkan telapak tangan kiri ke lantai sebagai tumpuan, lakukan dengan posisi bergantian.  Latihan ini berguna untuk memperbaiki fleksibilitas tulang belakang, punggung, pinggul dan kaki.

Single-Leg Forward Bend with Block

Bagaimana Yoga untuk Orang yang Tidak Fleksibel? | Breaktime
Gunakan bantuan balok kayu

Beralih pada pose yoga untuk orang yang tidak fleksibel selanjutnya. Pertama, letakkan dua balok kayu di depan Anda. Ambil posisi membungkuk dengan punggung lurus membentuk sudut 45 derajat dengan tanah. Letakkan kedua tangan Anda pada kedua balok. Arahkan kedua kaki Anda hingga membentuk segitiga. Tak masalah jika kaki Anda tak benar-benar lurus. Lakukan bergantian untuk meningkatkan fleksibilitas otot belakang kaki Anda.

Modified Squat

Bagaimana Yoga untuk Orang yang Tidak Fleksibel? | Breaktime
Susah dilakukan namun besar manfaatnya

Ini mungkin susah dilakukan oleh orang yang tidak fleksibel. Namun tujuan B’timers adalah untuk meningkatkan kelenturan, bukan? Caranya, gulung matras yoga Anda untuk tumpuan. Duduk berjongkok di atasnya dengan punggung tegak. Tahanlah beberapa detik sambil menarik dan membuang napas.

Seated Forward Bend with Blocks and Strap

Bagaimana Yoga untuk Orang yang Tidak Fleksibel? | Breaktime
Untuk punggung dan kaki

Duduklah di atas balok dengan menyelonjorkan kedua kaki Anda. Gunakan tali dan kaitkan di telak kaki. Tarik tali dengan tangan namun jaga agar lutut Anda tetap lurus. Duduklah dengan tegap dan jangan biarkan punggung Anda melengkung. Saat Anda merasa tak kuat, lepaskan pelan-pelan sambil menghembuskan napas.

Oh ya, jangan lupa untuk selalu tarik napas dan buang napas dengan teratur dalam setiap latihan pose yoga untuk orang yang tidak fleksibel, B’timers! Selamat mencoba, ya! (nap)

Share This Article