Bagaimana Sih, Cara Diet yang Bikin Cepat Kurus? | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Bagaimana Sih, Cara Diet yang Bikin Cepat Kurus?
09.04.2016
Bagaimana cara diet yang bisa cepat bikin badan kurus, ya?


Nindyta Hapsari (16) Blitar

Dear Nindyta, terima kasih untuk pertanyaannya.

Diet yang terlalu cepat atau terlalu drastis justru tidak sehat. Jadi, diet yang benar adalah dengan bertahap. Untuk itu, yang Anda perlukan adalah diet yang sehat, yaitu dengan cara:

1. Harus didasari dengan niat dari dalam diri yang kuat terlebih dahulu untuk bisa melakukan diet yang sehat.

2. Makan nasi atau makanan yang mengandung karbohidrat 3 kali sehari, namun mengurangi porsi karbohidrat dari biasanya.

3. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Namun, buah-buahan yang dimaksud di sini adalah buah yang tidak mengandung fruktosa tinggi (seperti durian), yang sehat adalah buah-buahan seperti jeruk,apel dan salak misalnya.

Bagaimana Sih, Cara Diet yang Bikin Cepat Kurus? | Breaktime
Sayur dan buah adalah sahabat sejati diet

4. Hindari atau kurangi konsumsi makanan berlemak tinggi seperti bermacam gorengan dan makanan-makanan yang berkuah santan.

5. Kurangi konsumsi camilan di antara makan utama, karena konsumsi camilan di sini juga dapat meningkatkan berat badan. Jika Anda terbiasa makan snack atau camilan, dapat diganti dengan minum air putih.

6. Olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu membakar lemak di tubuh Anda, dan lemak yang ada terganti dengan meningkatnya massa otot. Selain itu, olahraga dapat menyehatkan karena bisa membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan menjauhkan dari penyakit, serta membentuk tubuh jadi lebih bagus dan proporsional.

- Dr. Yosefin

Share This Article