Bagaimana Olahraga Bisa Mempercepat Metabolisme? | Breaktime
Bagaimana Olahraga Bisa Mempercepat Metabolisme?
26.05.2016

Olahraga punya beribu manfaat kesehatan, salah satunya adalah mempercepat metabolisme. Sebenarnya apa sih, metabolisme itu? Metabolisme adalah seluruh proses yang dilakukan tubuh, dengan mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan untuk segala aktivitas. Nah, ada orang yang punya metabolisme lebih cepat dari yang lainnya, B’timers.

Bagaimana Olahraga Bisa Mempercepat Metabolisme? | Breaktime
Olahraga sangat penting untuk kesehatan

Hal-hal yang mempengaruhi metabolisme

Ada banyak faktor yang mempengaruhi metabolisme tubuh dan itu luar kendali kita, seperti usia, jenis kelamin dan genetik. Namun, agar proses metabolisme berjalan cepat, kita bisa lebih fokus terhadap apa yang bisa kita lakukan untuk mempercepatnya, yaitu olahraga.

Otot membutuhkan banyak energi, dan itu berarti otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Jadi, manfaat olahraga memang tidak langsung terasa saat itu juga, namun beberapa saat setelah berolahraga.

Seiring usia kita yang bertambah, kita harus makin sering dan banyak bergerak.  Sebab, massa otot kita semakin berkurang, sehingga memperlambat metabolisme. Karena itu, kuncinya adalah berolahraga. Begini cara berolahraga yang tepat untuk mempercepat metabolisme:

Melakukan olahraga aerobik

Apapun jenisnya, olahraga aerobik adalah salah satu jenis olahraga terbaik untuk membakar kalori. Entah itu olahraga lari atau Zumba, jika Anda melakukannya dengan intens, maka tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Anda juga bisa melakukan olahraga kardio seperti jumping jacks selama 1 menit, lalu jalan di tempat selama 2 menit. Ulangi selama 15 menit.

Bagaimana Olahraga Bisa Mempercepat Metabolisme? | Breaktime
Zumba adalah aerobik yang seru

Olahraga angkat beban

Karena otot lebih banyak menggunakan kalori daripada lemak, memperkuat otot bisa menjadikan tubuh seperti mesin pembakar kalori yang lebih efisien, bahkan ketika Anda tengah beristirahat. Anda bisa melakukan dua set latihan angkat beban dengan pengulangan 12-15 kali untuk setiap otot.

Bagaimana Olahraga Bisa Mempercepat Metabolisme? | Breaktime
Latihan angkat beban baik untuk membentuk otot

Nah, dengan rajin berolahraga, tak hanya jadi sehat, tapi otot juga bisa semakin terbentuk plus metabolisme berjalan cepat untuk membakar lemak. Berat badan dan bentuk tubuh pun tetap terjaga kan, B’timers? (md)

Share This Article