Bagaimana Cara Terbaik Jaga Berat Badan? | Breaktime

KONSULTASI KESEHATAN

dr. Yosefin Eka

dr. Yosefin Eka,S.Ked adalah alumni FK Universitas Brawijaya Malang. Ia pernah mengikuti Pelatihan Emergency Life Support di RS. Hasan Sadikin Bandung, serta Pelatihan dan Workshop Kulit Kelamin & Estetik Medik di FK Univ. Sebelas Maret 2015.

Bagaimana Cara Terbaik Jaga Berat Badan?
07.12.2015
“Saya ingin diet, tapi selalu saja nafsu makan saya semakin meningkat. Tetapi saya juga tidak dibolehkan untuk diet karena umur saya masih belum boleh dikatakan cukup untuk diet”

Merry Mawar Melati, Perempuan, (18), Pontianak

Berat badan ideal Anda jika dihitung dengan rumus Broca adalah

90%x (tinggi badan(dalam cm)-100)x 1 kg

Dan jika dihitung Indeks Massa Tubuh = BB / (Tinggi Badan)2

Berat badan dalam kg, Tinggi badan dalam meter (m)

Jika nilai IMT< 18,5= Berat Badan Kurang

IMT18,5-22,9= Berat badan Normal

IMT 23-24,9= Normal Tinggi

IMT 25-29,9= Gemuk

IMT ≥ 30     = Obesitas

Dari rumus Indeks massa tubuh di atas Anda tergolong sangat kurus/ berat badan kurang. Maka tidak disarankan untuk diet. Malah harus meningkatkan asupan kalori dan protein dengan makan-makanan yang bergizi dan seimbang.

Dalam kasus Anda, cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap ideal adalah dengan memperhatikan pola makan. Ada beberapa makan yang bisa meningkatkan berat badan secara sehat, antara lain:

Salmon

Tingginya protein di dalam salmon akan membantu Anda meningkatkan berat badan secara sehat. Dalam sehari, konsumsi 2 porsi salmon yang diolah dengan cara dikukus supaya lebih sehat.

Bagaimana Cara Terbaik Jaga Berat Badan? | Breaktime
Salmon bisa jadi sahabat terbaik untuk meningkatkan berat badan

Selai kacang

Mengoleskan selai kacang pada roti saat sarapan akan menyumbangkan 192 kalori sekaligus protein yang tinggi. Yang perlu diingat, hindari selai kacang yang tinggi kandungan gula dan bahan pengawet. Supaya lebih aman, buatlah selai kacang sendiri.

Telur

Telur mengandung vitamin A, D, E, serta kolesterol baik yang bisa meningkatkan berat badan secara sehat. Telur juga mudah diolah sehingga bisa dimasukkan ke dalam berbagai menu harian.

Tuna

Seperti halnya salmon, tuna juga kaya protein dan lemak baik yang bisa menambah berat badan. Padukan tuna dengan berbagai sayuran untuk mencukupi nutrisi tubuh.

Apabila pengaturan pola makan belum juga bisa meningkatkan berat badan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahlinya untuk mendapatkan tubuh ideal. Semoga bermanfaat.

Share This Article