Emotional Eaters? Cara untuk Menghilangkannya! | Breaktime
B'timers Emotional Eaters? Ada Cara Mudah untuk Menghilangkannya!
14.11.2015

Apa yang Anda lakukan ketika sedang dalam kondisi emosi tinggi atau gagal dalam program diet? Kebanyakan orang akan melampiaskan kedua perasaan tersebut ke makanan B'timers. Mengkonsumsi sesuatu memang tidak salah, akan tetapi apabila Anda makan sesuatu atas dasar menghilangkan emosi,  itu salah besar.

Selain berdampak pada pertambahan berat badan, makan ketika marah juga akan berdampak buruk pada kepribadian. Untuk mencegah hal tersebut terulang kembali, Anda bisa menghilangkannya dengan melakukan beberapa langkah berikut :

1.  Tenangkan diri saat emosi

Ketika emosi mencapai puncaknya dan Anda ingin segera melampiaskannya, tahan dulu sebentar. Cobalah untuk duduk tenang dan ambil napas secara perlahan, kemudian masuklah dalam mode tenang. Gunakan metode reframe untuk mengganti fokus pikiran Anda yang awalnya tertuju hanya pada masalah ke arah hal-hal yang menyenangkan.

Setelah itu berhasil dan mulai ada perasaan senang, masuklah dalam metode refocus. Menata ulang fokus ke masalah tersebut dan mencari dimana celah masalah tersebut dan mengakhirnya dengan keputusan yang tepat dan bukan malah melampiaskannya pada makanan.

Emotional Eaters? Cara untuk Menghilangkannya! | Breaktime
Makan ketika marah itu sangatlah tidak baik, B'timers.

2. Cari sumber tertawa

Melawan emosi dengan pelampiasan mungkin bisa menenangkan, tapi ada cara lain untuk keluar dari perasaan tersebut. Temukan sumber tertawa, seperti menonton video lucu di internet atau menelpon sahabat untuk mengajaknya bercanda. Hal tersebut akan membuat Anda merasa tenang setelah diguncang permasalahan.

3. Meditasi

Ini membutuhkan niat dan keteguhan yang kuat untuk melakukannya B'timers. Akan tetapi hasil yang didapat juga sangat baik seperti bisa mengendalikan emosi dan mudah menghapus kebiasaan buruk. Meditasi adalah kembali ke status 0 atau dalam keadaan tenang dengan cara berdiam diri dan tidak dalam keadaan tertekan.

Itulah beberapa cara untuk menghindarkan diri dari emotional eating. Cukup mudah B'timers, akan tetapi niat yang kuat juga diperlukan untuk melakukannya. Semangat! (wsu)

Share This Article