Awas, Soda Diet Bikin Perut Makin Gendut! | BREAKTIME
Awas, Soda Diet Bikin Perut Makin Gendut!
20.04.2015

Jika B’timers diberikan pilihan antara soda biasa dan soda diet, tentu saja minuman  ke dua akan jadi pilihan karena bebas dari kalori yang menyebabkan lemak tubuh bertambah, bukan?  Tapi benarkah demikian?

Ada sebuah penemuan mengejutkan yang menunjukkan bahwa konsumsi soda diet dapat menambah ukuran lingkar perut dan membuat Anda lebih gemuk. Yap, sebuah penelitian terbaru yang dimuat dalam Journal of the American Geriatrics Society pada tanggal 17 Maret 2015 kemarin menyebutkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi soda diet ternyata mengalami kenaikan lingkar pinggang, terutama bagi kalangan orang tua. 

Penelitian tersebut dilakukan pada  749 orang dewasa dengan usia rata-rata di atas 65 tahun yang berasal dari San Antonio Longitudinal Study of Aging. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi soda diet selama 10 tahun ternyata mengalami pertambahan lingkar pinggang dua kali lebih lebar dibandingkan mereka yang meminum soda non diet. 

Satu gelas soda setiap hari akan memperburuk kesehatan Anda.
Satu gelas soda setiap hari akan memperburuk kesehatan Anda.

Dalam waktu kurang lebih 10 tahun, lingkar pinggang orang yang mengonsumsi soda diet bertambah sebesar 2,11 cm. Sementara itu dalam kurun waktu yang sama, peminum soda non diet hanya mengalami pertambahan lingkar pinggang sebesar 0, 77 cm. Lalu, apa dampak dari kenaikan lingkar pinggang ini pada kesehatan B’timers? 

Well, kenaikkan lingkar pinggang atau lemak perut ini berhubungan erat dengan berbagai penyakit serius di masa depan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung koroner, dan juga kanker! Selain itu, kandungan asam fosfat dalam soda diet dapat memicu pembentukan batu ginjal pada kantung kemih.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kenaikkan lingkar pinggang, B’timers sebaiknya mengonsumsi minuman yang tidak mengandung soda dan gula. Coba saja untuk mengganti minuman bersoda dengan air putih, jus buah, atau teh herbal yang tak kalah segarnya!

Share This Article