Awas, Melihat Foto Makanan Bisa Bikin Gemuk! | Breaktime
Awas, Melihat Foto Makanan Bisa Bikin Gemuk!
10.11.2015

Pengguna aktif internet, khususnya yang aktif di Instagram dan Tumblr, pasti sering melihat gambar atau foto makanan nikmat dari seluruh penjuru dunia. Baik itu es krim dengan bermacam topping, tart dengan icing yang cantik dan taburan permen coklat, ataupun pizza berukuran raksasa. Tapi, tahukah Anda bahwa hanya dengan melihat foto saja, berat badan bisa bertambah?

Sebuah penelitian yang dilaksanakan di Max Plack Institute, melibatkan beberapa pria muda yang sehat. Para pria tersebut kemudian diminta melihat foto-foto makanan lezat dan benda-benda yang tidak bisa dimakan. Para peneliti, kemudian mengukur tingkat hormon yang mengatur rasa lapar dan konsumsi pangan, yakni ghrelin, leptin, dan insulin.

Awas, Melihat Foto Makanan Bisa Bikin Gemuk! | Breaktime
Foto makanan lezat akan membuat kita ingin makan

Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa kadar ghrelin dalam aliran darah akan meningkat ketika seseorang memandangi foto makanan lezat. Ghrelin yang diproduksi di dalam perut ini merupakan hormon protein yang mengontrol proses biologis perilaku makan. Penelitian ini, menyimpulkan bahwa produksi ghrelin yang akan dialirkan ke dalam darah, dapat dipengaruhi oleh factor eksternal.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Tony Goldstone, MD, PhD, ilmuwan dokter senior di MRC Clinical Centre Sciences di Imperial College London dan Rumah Sakit Hammersmith, menemukan bahwa kadar ghrelin yang tinggi dalam darah akan membuat makanan berkalori tinggi lebih menggoda.

Awas, Melihat Foto Makanan Bisa Bikin Gemuk! | Breaktime
Ghrelin akan membuat makanan berkalori tinggi lebih menggoda

Penelitian yang disampaikan dalam pertemuan tahunan Endocrine Society (ENDO) pada tahun 2010 tersebut, juga mengungkapkan bahwa ghrelin akan mempengaruhi kebiasaan makan dengan merangsang area otak.

Sebenarnya, tak masalah jika Anda melihat foto makanan lezat, kemudian mengabaikan rasa lapar dan air liur yang harus dipuaskan dengan makanan. Masalahnya, setelah mendapat rangsangan dari gambar makanan lezat, tak sedikit yang langsung melahap sekantong keripik kentang, seporsi burger, ataupun sekaleng soda.

Agar berat badan tak meningkat dan lemak tidak semakin menumpuk, batasi diri untuk melihat foto-foto makanan lezat. Atau tetap melihat tapi menahan diri untuk menikmati makanan. Semua tergantung pilhan Anda, B’timers! (dfr)

Share This Article