Jenis Latihan Otot yang Tak Boleh Anda Lakukan | Breaktime
Awas, Ini Jenis Latihan Otot yang Tak Boleh Anda Lakukan
16.12.2015

Berbagai cara tentu akan B’timers lakukan jika ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Sebagian besar dari Anda tentu memilih untuk melakukan latihan-latihan khusus di gym bersama personal trainer atau fitness trainer. Ada juga yang mengikuti jenis olahraga yang memungkinkan diperlukannya work out otot tubuh.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa jenis gerakan gym yang seharusnya tidak dilakukan karena ternyata sangat berbahaya? Berikut rangkuman 6 latihan yang tak boleh Anda lakukan agar olahraga Anda tetap aman, B’timers:

  • Menekan di belakang kepala

Jenis Latihan Otot yang Tak Boleh Anda Lakukan | Breaktime
Hindari gerakan satu ini

Meletakkan tangan  di belakang kepala dan pundak dengan membawa beban berat adalah posisi yang sangat rentan. Apalagi jika Anda menekan, menaik-turunkan atau menggantungkan beban tersebut terlalu lama.

Dengan posisi seperti itu, sendi-sendi di pundak akan tertarik ke tempat yang tidak wajar dan tidak Aman. Jadi, jika Anda sudah terbiasa melakukan latihan ini, segera hentikan agar tidak memperparah kerusakan pada otot-otot tubuh.

  • Gerakan di seated leg machine

Jenis Latihan Otot yang Tak Boleh Anda Lakukan | Breaktime
Waspadai gerakan di alat satu ini

Anda tentu tahun mesin duduk untuk mengencangkan otot kaki atau yang biasa dikenal dengan sebutan seated leg machines. Melakukan latihan dengan duduk di alat ini adalah sebuah kesalahan yang besar. Kenapa?

Alat

  • Sit up

Jenis Latihan Otot yang Tak Boleh Anda Lakukan | Breaktime
Gerakan sit up berbahaya, benarkah?

Ini cukup mengejutkan. Pasalnya sit up adalah gerakan yang sering dilakukan, terutama oleh kaum wanita yang ingin memiliki perut rata. Latihan sit up ditujukan untuk mengencangkan dan membentuk otot perut.

Namun ternyata, sit up seharusnya tidak dilakukan. Memang resikonya tidak sebesar dua latihan sebelumnya, namun gerakan ini hanya akan membuang banyak waktu Anda. Alasannya, hasil yang dicapai tidak terlalu signifikan dan resikonya juga berbahaya untuk Anda. Who knows, B’timers?

  • Naik turun tangga (Box Jump)

Jenis Latihan Otot yang Tak Boleh Anda Lakukan | Breaktime
Tampak bermanfaat tapi sebenarnya terlalu berbahaya

Anda pernah melakukan latihan naik turun tangga dengan satu kaki secara bergantian? Ternyata hal ini merupakan satu latihan yang sebenarnya tidak perlu. Hal itu diutarakan oleh Basheerah Ahmad, seorang pelatih fitness dan gaya hidup para selebriti Hollywood. Selain tidak penting, menurutnya latihan ini terlalu ekstrim dan berbahaya.

  • Tricep Bench Dip

Jenis Latihan Otot yang Tak Boleh Anda Lakukan | Breaktime
Gerakan untuk merampingkan lengan ini ternyata juga berbahaya

Latihan ini biasanya dilakukan oleh para wanita yang menginginkan lengan yang ramping. Namun ternyata gerakan ini juga berbahaya. Tricep Bench Dip adalah salah satu latihan yang dapat mengganggu otot pundak. Tekanan yang diberikan akan mengganggu kinerja sendi acromioclavicular yang terdapat pada bahu hingga punggung atas.

Nah, bagaimana, B’timers? Semoga bermanfaat untuk dan selamat berlatih dengan aman! (nap)

Share This Article