Awas Bahaya Dehidrasi Mengancam, Ini Tipsnya! | Breaktime
Awas Bahaya Dehidrasi Mengancam, Atasi Dengan Tips Ini!
09.01.2016

Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh B’timers kekurangan asupan air. Jika dehidrasi tidak segera diatasi dengan baik, maka bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Orang yang terkena dehidrasi bisa sampai kehilangan kesadaran, lho. Oleh karena itu, Breaktime kali ini akan memberikan tips singkat untuk menjaga tubuh B’timers tetap fit sepanjang hari dan terhindar dari ancaman dehidrasi.

  • Pilih minuman yang tepat

Air mineral sebenarnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan air harian B’timers setiap harinya. Namun jika Anda merupakan salah satu pekerja keras dengan jumlah olahraga yang cukup intens, B’timers bisa mengganti air mineral dengan susu coklat. Susu coklat mengandung sodium dan kalsium sehingga bisa menggantikan kedua zat tersebut dalam tubuh setelah berkeringat. 

Awas Bahaya Dehidrasi Mengancam, Ini Tipsnya! | Breaktime
Manis pahitnya bikin semangat kembali
  • Sediakan air minum yang cukup

Selama berolahraga, B’timers sebaiknya menyediakan air minum terlebih dahulu. Banyak air tergantung pada intensitas kegiatan yang Anda lakukan. Setidaknya setiap 15 menit Anda harus meminum 200 ml air saat berolahraga cukup berat. Jika aktivitas sangat berat, Anda bisa minum hingga 250 ml per 15 menit olahraga.

  • Tunjang dengan protein dan karbohidrat

Protein dapat mengembalikan kondisi tubuh seperti semula, begitu pula dengan karbohidrat. Mengonsumsi protein dan karbohidrat 1-2 kali dalam sehari mampu menjaga tubuh kita tetap sehat dan berenergi untuk melakukan banyak aktivitas. Tidak hanya didapat dari buah, sayur, dan pati, Anda juga bisa menggantinya dengan susu beraneka rasa. Selain mudah dan praktis, B’timers bisa memilih varian rasa yang tersedia.

Awas Bahaya Dehidrasi Mengancam, Ini Tipsnya! | Breaktime
Berbagai protein dan karbohidrat untuk mengisi hari
  • Minum sebelum dan selama beraktivitas

Aktivitas membutuhkan banyak energi, sehingga Anda harus siap sedia mengisi bahan bakar dengan meminum air sebelum beraktivitas. Selama beraktivitas, sebaiknya selalu luangkan waktu untuk minum. Minum air setiap 20-40 menit sekali akan membantu Anda untuk terhindar dari dehidrasi.

Tubuh B’timers terdiri dari 60% air dan saat melakukan aktivitas seperti berjalan, berlari, makan hingga tidur, tubuh akan mengeluarkan cairan keringat. Oleh karena itu, sebaiknya B’timers selalu sediakan air minum untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Minuman berenergi dan air kelapa bisa jadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengganti cairan dalam tubuh. (ft)

Share This Article